Mencicipi Lumpia Basah Legendaris Khas Bogor Sejak 1972

Salah satu santapan nikmat khas Bogor adalah Lumpia Basah Gang Aut milik Pak Alen, berikut ulasannya.
Lumpia Basah Legendaris Bogor Gang Aut sejak tahun 1972.(Foto:Tagar/Risma)

Jakarta - Bogor yang dijuluki sebagai kota hujan menjadi salah satu pilihan wisatawan, baik lokal maupun asing, untuk melakukan wisata kuliner. Kuliner di daerah bogor mempunyai ragam cita rasa. 

Bedanya dari bahan doang, kalau lumpia Semarang pake rebung, kalau lumpia Bogor dan Bandung pake bengkuang, cuman lumpia Bandung diolesin gula, kalau ini engga.

Kawasan di Bogor yang terkenal dengan kuliner legendarisnya berada di Jalan Suryakencana. Salah satu santapan nikmat yang wajib dicoba adalah Lumpia Basah Bogor Gang Aut. Lumpia basah milik Pak Alen ini, sudah berdiri sejak tahun 1972. Kemudian, diteruskan oleh anaknya yaitu Ernes sejak tahun 2016.

"Saya sudah berjualan empat tahun, ini saya nerusin bapak saya, tahun 72," kata Ernes kepada Tagar, 23 November 2020.

Ernes mengaku, berhasil menghabiskan sekitar 120 porsi setiap harinya. Jika, weekend ia berhasil menghabiskan 2 kali lipat dari hari biasanya. Tidak hanya itu, lumpia basahnya sudah banyak di review oleh food vlogger, seperti Magdalenaf.

Lumpia BasahLumpia Basah Legendaris Bogor Gang Aut sejak tahun 1972.(Foto:Tagar/Risma)

Lumpia basah Bogor ini, berbeda dengan lumpia basah Semarang. Kedua lumpia basah tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing. Lumpia basah Bogor menggunakan sejumlah bahan berupa tauge, bengkuang, tahu, ebi giling, dan juga telur.

“Bedanya dari bahan doang, kalau lumpia Semarang pake rebung, kalau lumpia Bogor dan Bandung pake bengkuang, cuman lumpia Bandung diolesin gula, kalau ini engga,” tutur Ernes.

Untuk pembuatannya Ernes mengaku, membuat kulit lumpianya sendiri tanpa membeli. Itu yang membuat berbeda dengan lumpia basah lainnya.

Cara pembuatannya pun masih tradisional dengan berbahan bakar arang. Kerena berbahan bakar arang ini, memiliki citra rasa yang khas. Membuatnya cukup memasukkan bahan ke dalam kuali. Kemudian, diberi bumbu kencur, bawang, gula dan garam. Setelah siap, taruh semua isian tadi ke dalam kulit lumpia yang dilapisi daun pisang.

Rasa lumpia basah ini cenderung asin, manis, dan gurih. Anda juga akan merasakan kerenyahan dari bengkuang saat mengunyahnya. Untuk rasa pedas bisa disesuaikan dengan selera yang diinginkan. Untuk aromanya sendiri sangat menggoda dan menggugah selera para pembeli. Jadi, jika Anda ingin mencobanya harus sabar mengantri. Tapi, tidak usah khawatir Pak Ernes bisa membuat hingga 5 porsi sekaligus dalam sekali masak.

Untuk mencicipi Lumpia Basah Bogor ini, Anda bisa membelinya di depan Ngo Hiang, Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor. Penjualnya mudah ditemukan dan mangkal menggunakan gerobak warna hijau.

Satu porsi Lumpia Basah Gang Aut dibanderol dengan harga sebesar Rp15.000. Dengan harga yang cukup murah, Anda bisa menikmati sajian lumpia basah yang enak ini saat musim hujan seperti saat ini. Nah, apakah anda tertarik untuk mencobanya?

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
Resep dan Cara Membuat Dessert Box ala Mahasiswa
Makanan penutup seperti dessert box banyak digandrungi oleh berbagai kalangan belakangan ini. Berikut resep dan cara membuatnya.
Resep Tempe Katsu Saus Asam Pedas, Nikmat dan Mudah
Begini cara mengolah tempe menjadi katsu. Meskipun terbuat dari tempe, rasanya tidak kalah nikmat dengan Katsu berisi daging ayam atau sapi.
Resep dan Cara Mudah Bikin Makanan Sehat Nuget Sayur
Nuget berisikan sayur bisa menjadi salah satu rekomendasi makan untuk si kecil yang tidak begitu menyukai sayuran. Begini cara membuatnya.
0
Pasokan Vaksin Covid-19 di Indonesia Capai 75,9 Juta Dosis
Dengan kedatangan vaksin tahap ke-14 ini, maka jumlah pasokan vaksin yang ada mencapai 75,9 juta dosis vaksin