Real Time Lyrics Kini Untuk Semua Pengguna Spotify

Aplikasi pemutaran lagu digital Spotify menghadirkan fitur lirik lagu real-time untuk semua penggunanya fitur lirik real-time ini sudah tersedia.
Fitur real-time lyrics dari Spotify. (Foto: Tagar/Xda-developers)

Jakarta – Aplikasi pemutaran lagu digital Spotify menghadirkan fitur lirik lagu real-time untuk semua penggunanya. Fitur lirik real-time ini sudah tersedia secara global di semua semua negara setelah sebelumnya hanya bisa di beberapa negara saja.

Sebelumnya hanya pengguna berbayar (premium) yang bisa menikmati fitur lirik real-time ini. Namun, saat ini Spotify menghapus ketentuan tersebut dan memungkinkan pengguna gratis bisa menggunakan fitur lirik real-time ini.

Semua pengguna bisa melihat lirik dari lagu yang diputar dengan cara menekan “status playing” di bagian bawah layar. Setelah menekan “Status playing” lirik akan langsung hadir di hadapan pengguna dan pengguna bisa menggulirkan layar sesuai dengan lirik lagu yang dinyanyikan.

Diketahui jika fitur seperti ini sebelumnya telah dihadirkan oleh Spotify dengan menggandeng Musixmatch. Namun kerja sama mereka berakhir pada tahun 2016 silang yang membuat fitur ini menghilang dari Spotify.

Setelah kontrak dengan Musixmatch berakhir, Spotify sempat bekerja sama dengan Genius sebagai pengembang fitur “behind the lyrics”. Namun, fitur yang hampir sama ini banyak dikeluhkan oleh pengguna karena mengganggu sehingga telah ditiadakan oleh Spotify.

Pada fitur lirik real-time kali ini Spotify kembali menggandeng kembali Musixmatch dalam pengembangannya. Pihak Spotify juga mengklaim jika saat ini telah ada lebih dari delapan juta judul lagu yang tersedia di fitur ini dilansir dari TheVerge.

Selain fitur real-time, pengguna juga bisa membagikan potongan lirik dari lagu yang sedang didengarkan. Dengan fitur ini pengguna bisa mengirimkan potongan lirik tersebut ke media sosial yang mereka miliki seperti Instagram dan Facebook.

Real-time lirik ini hadir untuk semua pengguna yang bisa digunakan diberbagai platform seperti Android, iOS, Windows, Mac, hingga Smart TV.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Musik Bisa Menaikan Imun Tubuh Terhadap Covid-19
Mendengarkan musik yang kita nikmati membuat sistem hadiah di otak kita diaktifkan dan mengeluarkan hormon dopamin yang membuat perasaan bahagia.
Playlist Musik Lokal untuk Mengiringi Hari Bahagia
Mungkin tidak terlaku penting, tapi ternyata lagu pengiring ini bisa mewujudkan suasana hati siapapun terasa bahagia.
5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik
Meski menjadi genre musik tertua, reputasi dan eksklusifitas musik klasik justru seakan tak lekang oleh waktu. Berikut manfaatnya bagi kesehatan.
0
IMF Capai Kesepakatan dengan Pakistan
IMF dan Pakistan telah menghasilkan kesepakatan awal untuk memulihkan dana talangan ekonomi sebesar 6 miliar dolar AS