UNTUK INDONESIA
Ratusan Onthelis Ramaikan Kota Toea Indramayoe
Ratusan onthelis lintas kota memeriahkan Festival Kota Toea Indramayoe, Jawa Barat. Mereka keliling kota mempromosikan wisata Indramayu.
Para onthelis lintas kota memeriahkan Festival Kota Toea Indramayoe, Minggu, 8 Desember 2019. (Foto : Tagar/Charles)

Indramayu - Ratusan onthelis, sebutan untuk penggemar sepeda onthel, meramaikan Festival Kota Toea Indramayoe, Minggu, 8 Desember 2019. Mereka bersepeda keliling kota untuk mempromosikan wisata Indramayu, Jawa Barat.

Para onthelis itu berasal dari lintas kota di Jawa Barat. Ada yang onthelis Cirebon,  Majalengka, Subang, Brebes hingga Bandung. Malah ada yang datang jauh-jauh dari Palembang, Sumatera Selatan. 

Ratusan onthelis melakukan city tour mulai dari Museum Bandar Cimanuk (MBC) Jalan Veteran dan finis di kawasan Kota Tua Indramayu Jalan Cimanuk. Kehadiran mereka di festival yang digelar selama dua hari tersebut, 7 dan 8 Desember 2019, diapresiasi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu, Taufik Hidayat.

Kegiatan city tour ini harus dijadikan agenda rutin tahunan untuk menarik wisatawan datang ke Indramayu.

Taufik pun meminta kegiatan city tour serupa harus bisa dijadikan sebagai agenda rutin oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Agar para peserta atau wisatawan bisa terus berdatangan ke Kabupaten Indramayu.

"Kegiatan city tour ini harus dijadikan agenda rutin tahunan untuk menarik wisatawan datang ke Indramayu," kata dia. 

Selain city tour, Festival Kota Toea Indramayoe juga diisi dengan ragam kegiatan. Seperti bakti sosial pembersihan Kota Tua, aneka bazar, pagelaran musik dan seni budaya dan memperkenalkan ragam kuliner khas Indramayu. 

Taufik berharap kegiatan yang sudah bagus itu harus lebih ditingkatkan kualitasnya. Termasuk publikasinya juga harus lebih masif. Dengan demikian Festival Kota Toea Indramayoe tidak hanya diikuti masyarakat lokal. Tapi bisa menjangkau wilayah Indonesia lainnya.

"Kami ingin kegiatan ini publikasinya lebih gencar lagi. Dan pesertanya bisa lebih banyak, sehingga Kota Tua Indramayu semakin dikenal oleh masyarakat," ujar Taufik.

Perwakilan panitia Festival Kota Toea Indramayoe, Nang Sadewo mengatakan, banyaknya peserta dan apresiasi dari masyarakat semakin menambah motivasi untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda tahunan.

"Dengan tingginya animo peserta dari berbagai daerah di Indonesia, memberikan semangat tersendiri bagi kami untuk membuat jadi agenda rutin tiap tahunnya," kata dia. []

Baca juga: 

Berita terkait
Blendung Jagung dan Empat Makanan Khas Indramayu
Indramayu banyak sekali berbagai potensi yang menarik, termasuk dengan kuliner atau makanan khasnya, apa sajakah itu?
Pantai Tirtamaya dan Empat Wisata di Indramayu
Daerah Indramayu, Jawa Barat memiliki segudang potensi menarik yang dapat menyita perhatian para wisatawan, salah satunya adalah objek wisatanya.
Diduga Akibat Utang Politik Bupati Indramayu OTT KPK
Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra Daddy Rohanady menilai OTT Bupati Indramayu oleh KPK dampak dari mahalnya ongkos kampanye saat Pilkada
0
Profil Lima Aktor Tersangka Jiwasraya
Profil lima aktor tersangka kasus dugaan korupsi Jiwasraya: Benny Tjokrosaputro, Hendrisman Rahim, Heru Hidayat, Hary Prasetyo, dan Syahmirwan.