UNTUK INDONESIA
Rail Clinic dan Kereta Inspeksi Antisipasi Corona
PT KAI mengoperasikan rail clinic dan kereta inspeksi untuk mengantisipasi virus Corona
Petugas PT KAI Daop 6 Yogyakarta dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Jumat 6 Maret 2020. (Foto: Tagar/Hidayat)

Yogyakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kereta kesehatan atau rail clinic dan kereta inspeksi di lintas utara dan selatan Jawa mulai 5 Maret hingga 9 Maret 2020. Langkah ini merupakan upaya antisipasi penanggulangan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut setelah diketahuinya ada warga yang terpapar Coronavirus di Indonesia. “Dijalankannya rail clinic dan kereta inspeksi mengelilingi Pulau Jawa adalah sebagai upaya KAI agar tidak terjadi penyebaran virus Corona di area stasiun dan kereta api,” katanya dalam keterangan tertulis pada Jumat 6 Maret 2020.

Edi mengatakan stasiun yang dilintasi oleh dua kereta ini akan ada pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pembagian pamflet, dan penyuluhan kesehatan.

“Layanan ini diberikan di Stasiun Semarang Poncol, Cirebon, Depok, dan Bogor. Adapun Kereta Inspeksi melayani Stasiun Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Yogyakarta, Solo, Madiun, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Bojonegoro, Purwokerto, dan Pasar Senen,” ucapnya.

Sebagai upaya KAI agar tidak terjadi penyebaran virus Corona di area stasiun dan kereta api.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, PT KAI juga melakukan berbagai langkah antisipasi. Seperti pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi.

Selain itu juga menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan. Bantal yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona di berbagai stasiun dan internal KAI sejak Januari 2020 lalu. Sosialisasi itu berupa pemasangan spanduk, pembagian brosur, dan kampanye hidup sehat oleh petugas kepada penumpang.

Eko juga mengimbau kepada para pengguna jasa kereta api untuk proaktif mencegah penyebaran virus Corona dengan memeriksakan kesehatan secara gratis sebelum melakukan perjalan di Pos Kesehatan yang tersedia di stasiun.

“Jika merasa tidak sehat supaya melakukan pemeriksaan kesehatan, meminta masker kepada petugas kesehatan jika diperlukan, serta dapat menggunakan hand sanitizer yang mulai disediakan di stasiun, kereta makan, pos kesehatan, kantor, maupun tempat lainnya,” ucapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Corona, Tak Ada Pemeriksaan di Pelabuhan Singkil
Meski virus corona atau covid-19 mulai merebak di Indonesia, tapi di Pelabuhan Aceh Singkil, Aceh tidak ada pemeriksaan khusus terhadap penumpang.
Kadin: Pemerintah-Pengusaha Kolaborasi Hadapi Corona
Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani mengatakan dampak penyebaran virus corona (COVID-19) harus dihadapi secara benar.
Muhadjir Effendy Target RS Corona Selesai Dua Minggu
Pemerintah akan membangun sebuah rumah sakit khusus untuk penangan pasien virus corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.