UNTUK INDONESIA
Raffi Ahmad dan 2 Artis Bagikan Cara Hadapi Corona
Kepada Tagar, Raffi Ahmad, Addie MS dan Opick membagikan pandangan serta triknya terkait mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia.
Aktor sekaligus Presenter Indonesia. (Foto: Instagram/@raffinagita1717)

Jakarta - Mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia ditanggapi dengan cara berbeda-beda oleh masyarakat perkotaan khususnya Jakarta. Sejumlah artis dan publik figur seperti presenter Raffi Ahmad, musisi Addie MS, serta penyanyi lagu religi Opick, tercatat memiliki pandangannya sendiri mengenai teror virus mematikan itu di berbagai belahan dunia.

Kepada Tagar, Raffi Ahmad, Addie MS dan Opick membagikan pandangannya terkait wabah virus corona di Indonesia. Selain itu, mereka juga membagikan trik yang dilakukan oleh keluarga mereka untuk menghadapi serta menghindari penularan virus berbahaya ini. Berikut rangkumannya.

Raffi Ahmad

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat peluncuran album kedua. (Foto: Tagar/Santi Sitorus)

1. Raffi Ahmad

Ditemui di acara peluncuran album terbarunya, Raffi Ahmad mengaku tidak terlalu khawatir menghadapi masuknya wabah virus corona ke Indonesia. Padahal sebagian orang dikabarkan panik hingga melakukan aksi borong sembako dan masker.

Suami Nagita Slavina itu mengatakan, yang dibutuhkan saat ini bukanlah kepanikan, melainkan kewaspadaan. Selain itu, ia menyarankan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Sebab, ia menyakini setiap penyakit memiliki cara pencegahannya masing-masing.

"Enggaklah, gue mah cuek aja. Gua mah enggak peduli, hahahahaha," kata Raffi saat ditemui Tagar di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Maret 2020.

"Waspada perlu, jaga kesehatan perlu. Yang penting kita tidak terlalu harus ketakutan, yang menyebabkan virus corona , kita kalap atau ini, apalah. Yang penting imunitas badan kita tetap, juga jaga fisik, jaga kesehatan kita karna semuanya ada acaranya utk mencegah ini begini," ujar ayah Rafathar itu.

Selain itu, Raffi mengatakan, saat ini ia dan keluarganya lebih membatasi diri dengan orang yang kondisi tubuhnya sedang lemah atau sakit.

"Mungkin saling awareness aja sama orang yang lagi sakit gitu, biar pake masker gitu. Saling menjaga aja," ucapnya.

Addie MS

Musisi, pemimpin orkestra Addie MS (tengah) bersama Presiden Joko Widodo (kiri). (Foto: Instagram/Addie MS)

2. Addie MS

Menanggapi masuknya virus corona (Covid-19) di Indonesia, musisi Addie MS menganjurkan masyarakat agar tidak berlebihan merespon kabar virus tersebut lantaran dinilai bakal melemahkan akal. Menurutnya, ketakutan memang merupakan hal lumrah yang dialami setiap manusia ketika menanggapi peristiwa menakutkan seperti penyebaran virus berbahaya seperti corona.

Namun, kata dia, ketakutan berlebih justru akan melemahkan akal dan berpotensi membuat panik, alih-alih menyelesaikan masalah

"Ketakutan itu manusiawi, tapi masalah tidak akan bisa ditanggulangi dengan ketakutan. Ketakutan justru akan melemahkan akal kita" kata Addie kepada Tagar di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

Pria bernama lengkap Addie Muljadi Sumaatmadja itu menuturkan, sejak awal mendengar kabar adanya wabah virus corona, ia dan keluarganya telah meningkatkan kesadaran akan kebersihan dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan cairan hand sanitizer seperti yang ada di rumah sakit.

"Kita tetap beraktivitas saja sambil meningkatkan kesadaran akan kebersihan. Lebih sering cuci tangan. Kalau memungkinkan, pakai cairan sanitizer, seperti yg ada di rumah sakit," ucap suami Memes itu.

Tak hanya itu, ia juga membagikan tips lain seperti penggunaan masker yang tepat dan menjaga jarak dengan penderita flu atau batuk kurang dari dari 2 meter.

"Dari apa yang aku baca, masker lebih diperlukan untuk si penderita penyakit, bukan untuk yang sehat. Dan jaga jarak dengan penderita flu/batuk tidak kurang dari 2 meter," ujar dia.

OpickOpick, pencipta lagu, penyanyi genre religi, kadang main film dan membintangi iklan. (Foto: Instagram Opick)

3. Opick Tomboati

Penyanyi tembang-tembang religi Opick, menyarankan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak merasa takut terhadap virus corona yang dikabarkan telah memasuki wilayah Indonesia. Menurutnya, manusia tidak perlu takut kepada apapun selain kepada Allah.

"Untuk virus corona, yang jelas kita semua harus waspada. Masalah takut atau tidak takut, kita sebagai mukmin di ajarkan untuk tidak takut kepada apapun selain kepada Allah," kata Opick kepada Tagar di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

"Dari semua berita yang terbaca, virus corona sangat berbahaya, tapi jangan sampai membuat kita panik sehingga menghilangkan akal pikir dan keyakinan," kata dia.

Baca juga: Penyanyi Opick Sebut Habbatussaudah Obat Corona

Opick menyarankan kepada umat Islam di Indonesia untuk tetap menjaga wudu, memperkuat keimanan, serta memperbanyak amal agar tetap terlindung dari virus corona (Covid-19). Hal itu ia ungkapkan menyusul temuan dua WNI yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Bagi yang muslim jaga wudhu terus dalam keadaan suci doa mohon perlindungan kepada Allah, perkuat keimanan, perbanyak amalmu, insyaallah semoga kita semua terjaga," kata dia. []

Berita terkait
Aming Kritisi Langkah Pemerintah Atasi Virus Corona
Aktor sekaligus komedian Aming, mengkritik keras kebijakan Pemerintah Indonesia yang dinilai lamban dalam menghadapi wabah virus corona.
Daniel Radcliffe Diterpa Isu Terjangkit Virus Corona
Aktor asal Inggris, Daniel Radcliffe, diterpa isu yang menyebutnya telah positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah 8 Orang
Jubir Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, mengumumkan penambahan pasien positif virus Corona di Indonesia sebanyak 8 orang.
0
Pertamina Sulap Lapang Bola Jadi RS Darurat Covid-19
Pertamina menyulap bekas lapangan sepak bola seluas 22.700 meter persegi di Simprug, Senayan, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat Covid-19.