UNTUK INDONESIA
Putra Tri Rismaharini Ungkap Ibunya Ditawari Menteri
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma disebut-sebut masuk bursa calon menteri Kabinet Kerja jilid II.
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. (Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma disebut-sebut masuk bursa calon menteri Kabinet Kerja jilid II. Terungkap Risma pernah ditawarkan sebagai menteri sesuai pengakuan putranya.

Bahkan nama Risma sempat disinggung Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto saat menemui kader PDIP Jawa Timur (Jatim), di Sekretariat PDIP Jatim beberapa waktu lalu.

Hasto berbicara soal peluang Risma masuk kabinet. Selain sebagai Wali Kota Surabaya, Risma juga saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPP PDIP.

Putra Tri Rismaharini, Fuad Benardi mengungkapkan, ibundanya pernah mendapatkan tawaran untuk menjadi menteri.

"Kalau dapat tawaran (jadi menteri), ngomongnya sih pernah kok," ujarnya, saat dihubungi melalui ponsel, Senin 21 Oktober 2019.

Meski demikian, Fuad enggan mengungkapkan tawaran menjadi menteri tersebut datang langsung dari Presiden Jokowi atau dari internal PDIP.

Fuad pun mendukung jika ibundanya dipercaya menjadi menteri era Jokowi-Ma'ruf Amin. "Kalau dari saya mendukung," kata dia.

Enggak dengar soal itu

Ia mengatakan, jika Risma memang diplot masuk kabinet, harus ditempatkan di posisi menteri yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

"Percuma kalau nanti ditempatkan di pos kementerian yang ibu tidak paham. Kan nantinya jalannya tidak pas, engga cocok," kata Fuad.

Terkait keberadaan Risma, ia mengaku saat ini sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya.

"Ada di Jakarta, transit dari Jerman. Ini mungkin dalam perjalanan ke Surabaya," beber dia.

Ia mengaku tidak mengetahui apakah Risma sempat singgah ke Istana Negara menemui Presiden Jokowi atau tidak.

Terpisah Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, saat ini Risma sedang dalam perjalanan ke Surabaya setelah dari Jerman menghadiri acara UNICEF.

"Ibu Risma saat ini perjalanan dari Jerman, mau kembali ke Surabaya," ungkapnya.

Terkait informasi undangan Istana Negara ke Risma, Febri sapaan akrabnya mengaku tidak mengetahui. "Enggak dengar soal itu," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Presiden Jokowi rencananya akan mengumumkan nama-nama yang akan mengisi menteri Kabinet Kerja Jilid II pada Rabu 23 Oktober 2019.[]

Berita terkait
Tiga Alasan Ini Membuat Tri Rismaharini Nyaman di PDIP
Wali kota perempuan pertama di Surabaya, Tri Rismaharini punya tiga alasan kenapa betah sekian lama bergabung dengan PDI Perjuangan.
Dikabarkan Masuk DPP PDIP, Apa Kata Tri Rismaharini?
Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma mengaku akan hadir dalam Kongres V PDIP di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar.
Presiden Jokowi Bakal Gabungkan Empat Kementerian
Presiden Joko Widodo berencana merampingkan kabinet dengan menggabungkan sejumlah kementerian.
0
Anies Baswedan Diagendakan Buka Rakornas PKS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diagendakan membuka Rakornas PKS di Hotel Bidakara Jakarta. Acara ini akan membahas sikap partai kepada Jokowi.