UNTUK INDONESIA
Puskesmas di Kabupaten Tangerang Awasi Virus Corona
Dalam melakukan pencegahan serta penanganan masuknya virus corona ke Kabupaten Tangerang, seluruh Puskesmas disiagakan
Petugas memeriksa suhu tubuh pengunjung pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

Tangerang - Sejak dinyatakan dua warga Indonesia yang positif terjangkit virus corona dan dikatakan langsung oleh Presiden RI dalam keterangan pers nya beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, segera siagakan seluruh Puskesmas. Hal ini dikatakan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kamis, 5 Maret 2020.

“Saya sudah memberikan instruksi kepada seluruh skpd terkait untuk memberikan sosialisasi terkait cara mengantisipasi penyebaran virus corona. Kemudian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang juga sudah melakukan monitoring ke seluruh wilayah,” kata Ahmed Zaki Iskandar.

“Dan saya juga meminta agar seluruh warga Kabupaten Tangerang tidak panik namun harus tetap waspada. Caraya dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan serta memakan makanan 4 sehat 5 sempurna serta istirahat yang cukup,” tambah Zaki.

Tidak hanya itu, lanjut Zaki bahwa upaya penanganan penyakit virus corona juga sudah mulai dilakukan sejak awal tahun 2020. Penanganan dilakukan ke seluruh puskesmas serta rumah sakit yang ada di kabupaten Tangerang. 

“Saya mengimbau kepada para ASN, Tenaga Medis, hingga Camat dan masyarakat Kabupaten Tangerang agar tidak panik dengan maraknya kasus Corona di Kabupaten Tangerang. Karena pemerintah terus melakukan pemantauan secara aktif, baik warga Negara Indonesia yang pergi keluar negeri atau Warga Negara Asing yang berkunjung kita terus berupaya melakukan pengecekan,” tegas Ahmed Zaki Iskandar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Desriana Dinardianti mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pemantauan kepada semua WNI dan WNA yang memang baru saja tiba dari Negara yang terjangkit virus corona. “Puskesmas terus melakukan pemantauan di setiap wilayah Kabupaten Tangerang, dan jika terindikasi petugas puskesmas siap siaga dirujuk ke RSUD Tangerang,” jelas Desriana.

Selain pemantauan, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui RSUD Tangerang menyiapkan 7 ruang isolasi yang akan disiapkan mengantisipasi bila mana ada yang terjangkit Virus tersebut. "Kita siapkan Ruang Isolasi di RSUD Tangerang, dan penanganan intensif terus dilakukan mulai dari puskesmas hingga Rumah sakit rujukan," ujarnya.

Dan apabila gejala-gejala virus corona ada di wilayah masyarakat dapat menghubungi Call Center Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan nomor (021 )- 5990535/081513554433. []

Berita terkait
Dinkes Kota Tangerang Bantah Warga Kena Corona
Dikabarkan salah satu warganya terkena virus corna, Dinkes Kota Tangerang membantah, warga itu hanya lakukan pemeriksaan biasa
Pemkot Tangerang Cegah Penyebaran Virus Corona
Untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Tangerang, Banten, Pemkot Tangerang menjalankan program sistem kewaspadaan dini
0
Deretan Film Bertema Nabi Siap Temani Ramadan 2020
Film-film bertema nabi siap menemani kaum muslim menunggu berbuka puasa id bulan Ramadan.