UNTUK INDONESIA
Pemkot Tangerang Cegah Penyebaran Virus Corona
Untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Tangerang, Banten, Pemkot Tangerang menjalankan program sistem kewaspadaan dini
Staf medis menangani pasien yang terjangkit virus corona di Central Hospital di Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di media sosial.(Foto: Antara/Reuters)

Tangerang - Mulai merebaknya virus corona di beberapa negara, Pemerintah Kota Tangerang, Banten, sudah mulai melakukan pencegahan masuknya virus yang bisa menular dari manusia ke manusia lainnya itu.

Pencegahan dilakukan dengan menerapkan sistem kewaspadaan dini dan respon ke seluruh wilayah Kota Tangerang. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi, Selasa, 28 Januari 2020.

“Upaya ini dilakukan Pemerintah Kota Tangerang dalam menghadapi pneumonia 2019-ncov atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona,” jelas dr Liza. Seluruh Puskesmas dan Dinas Kesehatan terus melakukan pengamatan terhadap peningkatan kasus virus corona di Kota Tangerang.

“Seluruh puskesmas serta Rumah Sakit akan melakukan pemantauan ketat, serta isolasi kepada penderita jika ditemukan gejala virus corona dan mempunyai riwayat perjalanan dari Negara terjangkit,” tegasnya.

Tidak hanya itu, sosialisasi dan edukasi jug dilakukan kepada seluruh masyarakat melalui media sosial, media elektronik dan penyuluhan langsung kepada masyarakat.

“Kami juga memberikan surat edaran kepada seluruh rumah sakit dan puskesmas untuk bisa meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan alat pelindung diri sesuai standar,” ujar dr.Liza Puspitadewi.

Pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang menghimbau agar masyarakat yang mengalami gejala seperti batuk, demam dan sesak nafas juga baru melakukan perjalanan ke Negara yang terjangkit, agar segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. []

- Selly Loamena

Berita terkait
Wabah Virus Corona yang Bikin Warga Dunia Panik
Setelah wabah SARS-CoV tahun 2002 dan MERS-CoV tahun 2012 yang mematikan, sekarang terdeteksi pula virus corona yang bikin warga dunia panik
Enam Antisipasi Ibu Hamil Tak Tertular Virus Corona
Virus corona tidak mengenal usia, bahkan ibu hamil bisa tertular penyakit tersebut. Berikut ulasannya.
Virus Corona Berpotensi Ganggu Pariwisata Bali
Ketua GIPI Bali IB Agung Partha Adnyana meminta kepada Pemprov Bali untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Bali
0
Main Layang-layang, Pemain Brasil Tewas Kesetrum
Pemain lokal Brasil, Kaio Felipe Santos Silva, mengalami nasib tragis. Dia meninggal karena kesetrum listrik saat bermain layang-layang.