UNTUK INDONESIA

Punya Menparekraf Wishnutama, Tapi Seperti Tak Punya Menteri

Ferdinand Hutahaean menyayangkan kondisi sektor pariwisata Indonesia yang terkesan lumpuh. Padahal, kata dia, Indonesia memiliki Menparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio (Foto:Tagar/Facebook Wishnutama)

Jakarta - Ferdinand Hutahaean menyayangkan kondisi sektor pariwisata Indonesia saat ini yang terkesan lumpuh. Padahal, kata dia, Indonesia memiliki Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, tapi seperti tak punya menteri. "Punya Menparekraf, tapi seolah-olah kita tidak punya menteri," katanya dikutip Tagar, Kamis 3 Desember 2020. 

Eks politisi partai Demokrat tersebut merasa rikuh melihat pandemi yang menenggelamkan geliat pariwisata. Ditambah lagi dengan Indonesia yang memiliki Menteri namun tidak mampu menciptakan terobosan dan tidak kreatif menanggapi masalah itu. 

Pariwisata nusantara semakin tak berdaya karena tidak ditangani dengan cepat oleh oknum yang tepat. Malah, Ferdinand menilai Wishnutama Kusubandio yang menjabat saat ini layak untuk direshufflle

"Pemikirannya kosong, bagaimana untuk menghidupkan menggerakkan pariwisata tidak ada sama sekali jadi dia memang hanya masih sebatas ya kalau dibilangnya entertainer ya mungkin begitulah, belum bisa menjadi menteri," kata Ferdinand kepada Tagar, Senin, 30 November 2020 lalu. 

"Ya saya mendukung itu kalau Wishnutama di-reshufflle, karena memang kalau kita melihat kinerja Wishnutama sejak dari awal sampai sekarang tidak terlihat," katanya. 

Wishnutama dinilai, terus-menerus melakukan kesalahan dalam menempatkan prioritas program atau prioritas dalam kebijakannya.  

Punya Menparekraf, tapi seolah-olah kita tidak punya menteri

Alih-alih berpikir menanggapi dampak pandemi yang mendera para pelaku usaha pariwisata di daerah-daerah. Pada masa awal pandemi merebak, tepatnya di bulan februari hingga Maret lalu, Wishnutama malah heboh membeberkan programnya yang akan menngunakan jasa influencer dalam mempromosikan pariwisata Indonesia. 

"Itu adalah sebuah kecerobohan yang tidak tepat, ya buat apa influencer dibayar mahal-mahal kalau sektornya di bawah itu lemah. Uang seperti itu baik dipergunakan untuk mendongkrak atau mendukung kemampuan kawan-kawan kita pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata di bawah karena mereka sangat terpukul," kata Ferdinand. []

Baca juga:

Berita terkait
Ferdinand Hutahaean Sebut Wishnutama Pemikirannya Kosong
Mantan Politisi Demokrat, Ferdinand Hutahaean menyebut Wishnutama Kusubandio sebagai seorang Menteri memiliki pemikiran yang kosong.
Profil Wishnutama Kusubandio, Disebut Menteri Gagal
Sebeum menjadi Menparekraf, Wishnutama telah malang melintang di dunia pertelevisian, terakhir ia menjadi CEO NET.
Hasil Survei: Wishnutama Menteri Terburuk Nomor 6 dari Bawah
Hasil survei dari Indonesia Political Review menunjukan dari 38 Menteri, Wishnutama berada di posisi ke 33.
0
Punya Menparekraf Wishnutama, Tapi Seperti Tak Punya Menteri
Ferdinand Hutahaean menyayangkan kondisi sektor pariwisata Indonesia yang terkesan lumpuh. Padahal, kata dia, Indonesia memiliki Menparekraf