Punya Lahan di Pegunungan? Ini Ide yang Cocok untuk Bisnis

Kalau anda punya dana lebih dan punya lahan usaha. Anda bisa membuat perkebunan kecil-kecilan.
Bisnis (Foto: Tagar/Pexels/Sinan Serin)

Jakarta – Jika anda ingin mendirikan usaha sendiri, namun mencari lahan di kota besar sangat sulit dan harga tanah yang sangat mahal. Tetapi kalua anda yang tinggal didaerah pegunungan dan memiliki lahan kosong, anda bisa sulap menjadi tempat bisnis yang keren loh!.

Tidak perlu khawatir rugi, sekarang ini justru bisnis didaerah pegunungan sangat diminati oleh generasi muda. Mendirikan bisnis di pegunungan akan menambah nilai plus bisnis anda, dengan pengandangan yang indah disertai udara yang sejuk, akan membuat pelanggan betah berlama-lama. Selain itu, pilihlah lokasi yang strategis agar mudah dijumpai orang-orang.

Inilah ide bisnis untuk anda yang tinggal di pegunungan.


Penginapan

Salah satu jenis usaha di kawasan pegunungan yang akan laris adalah usaha penginapan. Karena banyak warga daerah perkotaan gemar menghabiskan waktu di daerah pergunungan yang sejuk jauh dari keramaian kota. 

Ini merupakan peluang untuk anda yang memiliki tempat kosong, ubahlah menjadi tempat penginapan dengan harga yang terjangkau. Selain itu tempat kosong tadi bisa anda sewakan dan jangan lupa untuk mempromosikannya lewat internet.


Perkebunan Sayur dan Buah

Kalau anda punya dana lebih dan punya lahan usaha. Anda bisa membuat perkebunan kecil-kecilan. Pasalnya tanah di pegunungan cocok untuk usaha perkebunan berbagai jenis tanaman buah dan sayur. Tidak harus dengan lahan luas, dengan lahan kecil pun anda bisa membuat perkebunan dan hasilnya bisa dijual kepada wisatawan.


Warung Kopi

Untuk anda yang pencinta kopi dan penikmat senja, mendirikan usaha warung kopi atau coffeeshop adalah pilihan terbaik. Daerah yang dengan suhu dingin tentu akan membuat orang selalu mencari kehangatan, salah satunya dari kopi. Anda tinggal sesuaikan konsep kedai kopi kamu dengan pasar. 

Misalnya, daerah pegunungan tempat anda membuka usaha diramaikan oleh wisatawan dari kalangan anak muda, kamu bisa mengkonsep kedai kopi dengan nuansa industrial.


Toko Souvenir

Selain lahan berjualan makanan atau tempat nongkrong, tanah di pegunungan cocok untuk usaha cendera mata atau souvenir. Kebanyakan orang yang berlibur di daerah pegunungan mungkin hanya untuk beristirahat. 

Sementara, untuk berwisata, biasanya mereka akan menggunakan mobil untuk menuju tempat wisata tertentu. Terkadang, terbatasnya waktu liburan membuat mereka tidak sempat membeli souvenir khas sebuah daerah.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Yuk Simak, 5 Tips Investasi Obligasi Perusahaan
Lakukan penjualan jika potensi rugi di depan mata. Jangan memaksa memegang surat utang hingga jatuh tempo.
Jenis Surat Utang Selain Obligasi Perusahaan
Obligasi memiliki macam, selain obligasi perusahaan, masih ada beberapa obligasi lain yang bisa kamu pilih.
Berbagai Usaha Perseorangan Yang Berpotensi Di Indonesia
Jenis usaha perseorangan ini cocok untuk Anda yang ingin merintis usaha kecil-kecilan.
0
Punya Lahan di Pegunungan? Ini Ide yang Cocok untuk Bisnis
Kalau anda punya dana lebih dan punya lahan usaha. Anda bisa membuat perkebunan kecil-kecilan.