UNTUK INDONESIA
Puluhan Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Jogja
hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Gunungkidul, Bantul, Sleman, dan Yogyakarta.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana mengimbau agar masyarakat waspada terkait hujan lebat disertai angin kencang pada Desember ini.(Foto: Tagar/Hidayat)

Yogyakarta - Hujan disertai angin kencang melanda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Minggu, 8 Desember 2019 siang. Akibatnya puluhan pohon tumbang menimpa rumah warga dan merusak jaringan kabel listrik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana mengatakan hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai angin kencang mulai terjadi pada pukul 12.45 Wib. Melanda beberapa wilayah, baik di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Sleman, dan kota Yogyakarta.

Tim Reaksi Cepat BPBD Bantul sudah di lokasi untuk menanganinya.

Dampak dari hujan disertai angin kencang itu untuk di Kota Yogyakarta yakni beberapa pohon dan dahan tumbang di area Benteng Vredeburg, Kecamatan Gondomanan yang sempat menimpa empat kendaraan roda dua yang sedang di parkir.

Pohon tumbang juga terjadi di daerah Gedongkiwo yang menimpa sebuah rumah. Kemudian di Coklat Monggo, Kotagede, lalu di belakang RSUD Kota Yogyakarta yang sempat menutup akses jalan.

Untuk di Kabupaten Bantul, dampak hujan dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang di ring road Ngipik menyebabkan akses jalan sempat terganggu. 

"Tim Reaksi Cepat BPBD Bantul sudah di lokasi untuk menanganinya," katanya saat dikonfirmasi, Minggu 8 Desember 2019 siang.

Di Jalan Parangtritis tepatnya selatan Pom Bensen Jogokaryan juga terjadi pohon tumbang yang sampai menutup akses jalan. Dua titik lain di Kabupaten Bantul yakni di timur pabrik Madukismo yang sempat mengganggu akses jalan dan di daerah Bangunharjo.

Sedangkan di Kabupaten Sleman, sedikitnya ada 13 lokasi terjadi pohon tumbang. Pohon sempat menimpa rumah warga maupun kendaraan. Seperti di Cupuwatu, Kecamatan Kalasan, satu unit kendaraan roda empat yang sedang diparkir tertimpa pohon.

"Untuk di Kabupaten Gunungkidul ada dua lokasi. Yatu di daerah Kecamatan Gedangsari menimpa tempat ibadah dan di daerah Kecamatan Patuk," kata Biwara.

Belum ada laporan korban luka maupun meninggal dunia. Namun pihaknya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaanya terkait mulai bertambahnya intensitas hujan pada Desember ini.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Etik Setyaningrum mengatakan curah hujan sedikit demi sedikit mulai bertambah pada Desember ini.

"Masyarakat diimbau waspada terkait hujan dalam kategori sedang hingga lebat pada Desember ini yang bisa disertai dengan petir dan angin kencang," ucapnya. []

Berita terkait
Klitih Lagi, Pelajar SMP di Jogja Bacok Mahasiswa
Tiga pelajar di Yogyakarta ditangkap polisi usai membacok mahasiswa. Korban dicelurit dengan sadis pada bagian kepala dan tangan.
Pria Wonogiri Gelapkan Uang Air Mineral di Sleman
Pria asal Wonogiri ditangkap Polsek Kalasan, Sleman yang diduga menggelapkan uang perusahaan Rp 194 juta. Polisi masih mendalami kasus tersebut.
Kulon Progo Penyumbang Utama Kebutuhan Cabai DIY
Kabupaten Kulon Progo merupakan penyumbang utama cabai untuk provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
0
Agenda Hari Ini: Garage Sale, Festival Bakso dan Mi
Festival bakso dan mi hingga perayaan Australia Day dan garage sale dihelat pada hari Minggu, 26 Januari 2020.