UNTUK INDONESIA
PSM Makassar Dukung PSSI dan PT LIB Jaga Marwah Liga 1
PSM Makassar memberikan dukungan atas digulirkannya kembali Liga 1 2020. Klub turut menandatangani kesepakatan dilanjutkannya liga.
General Manager Borneo FC Firman Achmadi (ke-3 dari kanan) membacakan kesepakatan 18 klub Liga 1 usai digelarnya Extraordinary Meeting bersama PSSI dan klub Liga 1 di Yogyakarta, Selasa, 13 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Gading Persada)

Makassar - PSM Makassar memberikan dukungan atas digulirkannya kembali Liga 1 2020. PSM termasuk salah satu dari 18 klub peserta liga yang menandatangani pernyataan pelaksanaan kompetisi dalam Extraordinary Meeting PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan klub di Yogyakarta, Selasa, 13 Oktober 2020. 

PSM, dalam pernyataannya, memberi apresiasi atas upaya PSSI dan PT menuntaskan Liga 1. Meski harus melakukan penundaan karena pandemi Covid-19, PSSI akhirnya menggelar kompetisi pada 1 November 2020. 

PSM pun mendukung langkah tersebut. Klub memastikan tetap akan mengikuti kompetisi. 

PSSI dan PT LIB akan mem-follow up dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan liga bergulir pada 1 November 2020 dan berakhir di bulan Maret 2021

"Manajemen PSM mengapresiasi upaya PSSI dan PT LIB menjaga marwah dan keberlangsungan Liga 1 musim 2020. PSM Makassar juga berkomitmen untuk ikut menuntaskan liga," kata Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, Selasa 13 Oktober 2020.

Dalam pertemuan PT LIB dengan klub akhirnya disepakati bila kompetisi harus diselesaikan. Ada 3 opsi terkait pelaksanaan liga, apakah digelar 1 November, 1 Desember dan Januari 2021. Kesepakatan 18 klub dibacakan Firman Achmadi, General Manager Borneo FC.

"Ketua Umum PSSI [Mochamad Iriawan] dalam pemaparannya menekankan bahwa aktivitas sepak bola untuk tahun 2020 harus tetap berlanjut," ujar dia.

Menurut Sule, sapaannya, PSSI optimistis jika kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2 akan kembali berjalan sesuai rencana, yaitu 1 November 2020. Namun mereka tetap memberikan opsi lain bila pada bulan itu tak bisa digelar.

"PSSI dan PT LIB akan mem-follow up dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan liga bergulir pada 1 November 2020 dan berakhir di bulan Maret 2021," kata Sule. 

"Liga 1 tetap memakai format awal, yaitu kompetisi penuh dan mulai dari pekan ke-4 sampai pekan ke-34," ujar dia lagi.

Terkait dengan subsidi klub karena adanya penundaan, mereka akan mendapatkan hak tersebut. Semua klub akan mendapat subsidi tersebut.  

Baca juga: 

Liga 1 Sepakat Lanjut, Izin Polri Masih Tanda Tanya

Yakin Liga 1 Digulirkan, PSM Makassar Matangkan Taktik

"Akan ada subsidi terkait penundaan jika liga berakhir di bulan Maret. Ini dengan perkiraan liga bergulir pada 1 November 2020," katanya.

Dengan adanya kepastian itu, PSM Makassar akan melakukan persiapan menghadapi lawan pertama. Bila jadwal dan lawan tak berubah, tim Juku Eja akan menghadapi pimpinan klasemen, Persib Bandung. []

Berita terkait
Liga 1 Sepakat Lanjut, Izin Polri Masih Tanda Tanya
Kompetisi Liga 1 2020 sepakat digulirkan kembali setelah mendapat dukungan dari 18 klub peserta. Namun kelanjutan liga tergantung izin kepolisian.
Zulkifli Syukur: Semoga Ada Kabar Baik untuk Kompetisi Liga 1
Pemain senior PSM Makassar Zulkifli Syukur berharap kompetisi liga 1 musim 2020 yang terhenti akibat Corona segera dilanjutkan.
Pertemuan PT LIB dan Klub, PSM Berharap Liga 1 Digelar
PSM Makassar menaruh harapan saat PT LIB menggelar extraordinary club meeting di Yogyakarta, Selasa, besok. PSM dan klub ingin liga digelar lagi.
0
Hutan Bakau Lubuk Kertang di Langkat Dirusak 104 Pabrik Arang
Kelompok Tani dan Nelayan Lestari Mangrove di Langkat, Sumatera Utara, meminta petugas kepolisian menangkap pelaku pencurian kayu bakau.