UNTUK INDONESIA
Lima Masker Kentang untuk Wajah Cantik Bersinar
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam cairan kentang juga dapat menyamarkan kantung mata serta memudarkan dan meratakan warna kulit hitam.
Masker Kentang. (Foto: doctoroz.com)

Jakarta - Mungkin banyak yang tidak mengetahui kalau kentang menjadi salah satu bahan alami terbaik untuk mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam cairan kentang juga dapat menyamarkan kantung mata serta memudarkan dan meratakan warna kulit hitam.

Untuk mendapatkan wajah yang bersinar tak perlu melakukan perawatan khusus oleh dokter melainkan bisa memanfaatkan bahan alami salah satunya menggunakan makser kentang.

Berikut beberapa manfaat racikan masker kentang yang bisa dicoba untuk dilakukan di rumah seperti yang telah dirangkum Tagar dari laman Boldsky.

1. Mencerahkan dan Melembapkan

Kentang dan susu merupakan dua bahan pemutih alami. Begitu juga dengan susu dan minyak zaitun. Kulit akan terlihat cerah dan lembut jika menggunakan masker kentang yang dipadukan dengan susu serta minyak zaitun secara teratur.

Kentang dapat mencerahkan wajah secara alami karena berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah tampak lebih cerah alami. 

Hal itu karena kandungan sulfur, kalium, dan fosfor dalam kentang juga baik untuk merawat kesehatan kulit wajah. Gunakan masker kentang secara alami untuk memudarkan noda hitam di wajah.

Caranya, campurkan dua sendok makan susu segar (pasteurisasi), satu sendok makan minyak zaitun, dan satu buah kentang yang sudah dikupas dan dihaluskan. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

2. Mencegah Jerawat

Jerawat bagi kebanyakan orang menjadi sebuah tantangan dalam berpenampilan. Bahkan, tak sedikit juga orang akan mengambil langkah untuk mengatasinya dengan melakukan perawatan khusus dokter kulit.

Ternyata mendapatkan kulit wajah yang mulus dan bersih tak perlu mahal, cukup campurkan parutan kentang segar dengan air lemon dalam perbandingan yang sama. Terapkan masker pada kulit wajah. 

Kemudian, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih. Masker dari kentang dan lemon ini memiliki khasiat pencerah dua kali lipat. Cocok untuk kulit yang mengalami pigmentasi, flek hitam, atau belang.

3. Mencerahkan dan Meringkas Pori-pori

Ingin mendapatkan kulit wajah yang terhindar dari pori-pori yang terlihat besar. Untuk mengatasi masalah itu, cukup campurkan cairan dari kentang yang sudah diparut dan diperas dengan putih telur ayam kampung organik. 

Pastikan, memilih telur yang masih segar dan bersih agar kulit terhindar dari infeksi bakteri salmonella. Kocok hingga benar-benar tercampur, kemudian terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

KentangKentang. (Foto: Pixabay/Couleur)

***

4. Menjadikan Kulit Bercahaya

Manfaat dari masker kentang selanjutnya adalah untuk memutihkan kulit wajah secara alami berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Warna kulit wajah yang tidak merata, seperti adanya lingkaran hitam di bawah mata juga bisa diatasi dengan kentang. Campurkan masker kentang dengan madu agar kulit terasa lebih halus, lembut, dan ternutrisi dengan baik.

Selain itu, bisa juga dengan campuran bubuk kunyit dan cairan dari kentang yang sudah diparut untuk membuat masker. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain digunakan sebagai masker, kentang ternyata juga bisa digunakan sebagai scrub yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan kantung mata. Bahkan, salah satu jenis umbi-umbian ini sangat baik untuk mengatasi kulit yang kusam dan bernoda hitam. 

Caranya mudah, cukup gosokkan parutan kentang ke wajah dan seluruh tubuh. Diamkan selama 10 menit saja sebelum dibilas dengan air hingga bersih. Hasil campuran tersebut bisa difungsikan sebagai scrub alami yang lembut bagi kulit serta terlihat lebih segar dan bercahaya. []

Berita terkait
Gaya Cantik dan Sehat Donna Agnesia
Dalam setiap penampilannya mengisi acara program televisi, Donna selalu tampil dengan balutan dandanan natural.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
Cantik dengan Bleaching Gigi, Hati-hati Efek Sampingnya
Cara untuk mengembalikan warna gigi seperti semula. Salah satunya dengan cara memutihkan gigi atau bleaching.
0
Masa Tunggu Calon Jamaah Haji di Sumsel 18 Tahun
Dengan kuota haji 6.988/tahun diperkirakan masa tunggu keberangkatan jamaah haji Sumsel 18 tahun, sampai tahun 2030 77.000 calon jamaah terdaftar