Program Pensiun Dini Garuda Dimulai Semester II 2021

Garuda Indonesia menawarkan program pensiun dini kepada karyawannya yang efektif berjalan mulai semester II 2021.
Pesawat Garuda Indonesia bermasker. (Foto: Tagar/ADEK BERRY/AFP)

Jakarta - Maskapai pelat merah, Garuda Indonesia sedang menghadapi turbulensi bisnis akibat situasi yang ditimbulkan oleh pandemi corona Covid19. Untuk bertahan, maskapai pemilik pesawat bermasker pertama di RI ini, secara resmi menawarkan program pensiun dini kepada karyawannya yang mulai efektif berjalan mulai semester II 2021.

Kebijakan ini menjadi penawaran terbaik yang dapat kami upayakan terhadap karyawan di tengah situasi pandemi saat ini. Yang tentunya senantiasa mengedepankan kepentingan bersama seluruh pihak, dalam hal ini karyawan maupun perusahaan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menerangkan, kebijakan ini merupakan langkah realistis yang harus diambil di tengah situasi pandemi Covid-19 sejalan dengan upaya pemulihan kinerja usaha yang tengah dijalankan perusahaan. 

Sejatinya, kondisi Garuda memang berdarah-darah, per Mei 2021 utangnya menyentuh 70 triliun rupiah. Setiap bulan, potensi utang perusahaan itu terus bertambah lebih dari 1 triliun rupiah. 

Irfan SetiaputraDirektur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. (Foto: garuda-indonesia.com)

Saat yang bersamaan, operasional maskapai Garuda tersendat akibat pendapatan tidak sesuai harapan. Adapun periode Mei 2021 lalu, merupakan periode terburuk dimana pendapatan Garuda hanya US$56 juta dibanding pada masa puncak tahun 2019 dengan meraih omzet 200 juta dollar Amerika per bulan. 

Meski demikian, Garuda Indonesia memastikan seluruh hak karyawan yang mengambil program ini akan dipenuhi. Sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku serta kebijakan perjanjian kerja yang disepakati antara karyawan dan perusahaan. 

"Terhadap karyawan yang telah memenuhi kriteria.  Kebijakan ini menjadi penawaran terbaik yang dapat kami upayakan terhadap karyawan di tengah situasi pandemi saat ini. Yang tentunya senantiasa mengedepankan kepentingan bersama seluruh pihak, dalam hal ini karyawan maupun perusahaan," jelas Irfan. []

Berita terkait
Garuda Indonesia Tawarkan Program Pensiun Dini
PT Garuda Indonesia menawarkan program pensiun dini bagi karyawannya, untuk menyehatkan kembali perusahaan yang terdampak Covid-19.
AS Selidiki Suap Penjualan Bombardier ke Garuda Indonesia
Departemen Kehakiman AS terkait penyelidikan dugaan kasus suap penjualan pesawat Bombardier kepada maskapai Garuda Indonesia
Garuda Sediakan Rapid Test Antigen Gratis Bagi Penumpang Rute Domestik
Garuda Indonesia, meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik periode 2 Maret - 31 Maret 2021.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).