UNTUK INDONESIA

Profil Putra Nababan, Anggota DPR Mantan Jurnalis

Anggota DPR Putra Nababan mengkritik Sandiaga Uno yang ditudingnya membentuk framing negatif anggota Dewan. Siapa Putra?
Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Putra Nababan. (Foto:Tagar/gesuri.com)

Jakarta – Anggota DPR Komisi X Putra Nababan tengah menjadi berita. Itu gara-gara kritikannya kepada Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang kemudian viral ke mana-mana. Sejumlah koleganya menyebut kritikan itu sebagai tugas seorang anggota DPR. Tak ada yang salah atas yang dilakukan Putra, demikian panggilannya, lantaran menilai tindakan yang dilakukan Sandiaga yang mengajak lari pagi anggota DPR sebagai framing negatif terhadap anggota Dewan.

Sandi lewat Instagramnya mengajak lari anggota Dewan dan menyaksikan apa yang dilakukan kementeriannya. Saat itu ada dua anggota DPR, Komisi X sebagai mitra kerjanya, yang ikut bersama Sandi dan Sandi pun menulis di medsos, mengajak anggota DPR lain lari pagi. Putra mengingatkan Sandi fokus bekerja sebagai pembantu presiden, bukan sibuk membangun citra sebagai seorang politisi.

Putra adalah putra dari Panda Nababan, mantan anggota Fraksi PDIP yang juga wartawan. Putra Nababan pun, yang merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024, adalah bekas wartawan. Ia pernah menjadi penyiar berita dalam program berita Seputar Indonesia RCTI dan pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi Metro TV.

Pria yang lahir di Jakarta, 28 Juli 1974 itu mengawali karirnya sebagai jurnalis muda di media cetak Majalah Forum Keadilan, surat kabar Merdeka pada tahun 1995.

Setelah itu ia beralih menjadi jurnalis televisi pada Januari 2005 di RCTI sampai menjabat wakil pemimpin redaksi dan menjadi presenter program berita Seputar Indonesia Petang. Pada 2010 ia mewakili RCTI, satu-satunya televisi Indonesia yang mendapat kesempatan mewawancarai Presiden Amerika Serikat Barack Obama secara ekslusif di Gedung Putih, Amerika Serikat. Itu merupakan salah satu momen kebanggaan dan sejarah baginya. Setelah itu ia memilih mengundurkan diri dari jabatannya dan melakukan siaran terakhirnya pada 23 Agustus 2012.

Setelah 7 tahun berkarir di RCTI, pada 3 September 2012 ia memutuskan pindah dengan posisi barunya sebagai pemimpin redaksi di Metro TV selama 4 tahun. Selama berkarir di dunia jurnalistik, ia berhasil mendapatkan penghargaan selama 4 tahun berturut-turut Panasonic Gobel Awards dalam kategori Presenter Berita Terbaik di tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012.

Seperti jejak ayahnya, ia juga memutuskan untuk pindah ke dunia politik pada 2019. Ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Dapil DKI Jakarta I. Ia terpilih dan dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 setelah memperoleh 101.769 suara.

Selama bekerja sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024, ia ditempatkan di Komisi X dengan tugasnya pada bidang Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Sejarah.

Biodata

Nama Lengkap: James Parulian Putra Nababan

Lahir: Jakarta, 28 Juli 1974

Kebangsaan: Indonesia

Pekerjaan: Journalist

News Presenter

Founder & Chief Operating Officer idtalent.id

Anggota DPR RI 2019-2024

Partai Politik: PDIP

Istri: Mira Maria Melati Sirait

Anak: Aubriel Mutiara Aza Nababan

Gabriel Indonesia Prinz Nababan

Orang tua: Panda Nababan

Karir:

1992 YAKOMA Mass communication firm

1994-1995 Majalah Forum Keadilan

1995-2001 Surat Kabar Rakyat Merdeka

2001-2004 Metro TV

2005-2008 Trijaya Radio

2004-2012 RCTI

2012-2017 Metro TV & metrotvnews

2016-sekarang idtalent

Penghargaan:

2009 Panasonic Awards untuk Presenter Berita Terbaik

2010 Panasonic Gobel Awards untuk Presenter Berita Terbaik

2011 Panasonic Gobel Awards untuk Presenter Berita Terbaik

2012 Panasonic Gobel Awards untuk Presenter Berita Terbaik

(Deapenia Jannah)

Berita terkait
Rocky Gerung: Sandiaga Uno Menteri Ekonomi Kreatif Tanpa Kreativitas
Aktivis Politik Rocky Gerung menilai, Sandiaga Uno adalah Menteri Ekonomi Kreatif tanpa kreativitas, begini alasannya.
Menparekraf Sandiaga Uno Ikut Donor Plasma Konvalesen
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan donor plasma konvalesen.
GAMKI Minta Sandiaga Percepat Pariwisata Kawasan Danau Toba
GAMKI) Toba berharap pemerintah melakukan percepatan pembangunan pariwisata di Kawasan Danau Toba.
0
Profil Putra Nababan, Anggota DPR Mantan Jurnalis
Anggota DPR Putra Nababan mengkritik Sandiaga Uno yang ditudingnya membentuk framing negatif anggota Dewan. Siapa Putra?