UNTUK INDONESIA

Profil Pentolan FPI Rizieq Shihab Penuh dengan Kontroversi

Berikut profil pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang sarat dengan kontroversi.
Rizieq Shihab. (Tagar/Facebook)

Jakarta - Habib Rizieq, memiliki nama lengkap Muhammad Rizieq Husein Shihab dikenal sebagai tokoh agama sekaligus pentolan dari Front Pembela Islam (FPI).

Pria kelahiran Jakarta, 24 Agustus 1965 merupakan anak dari pasangan Habib Hussein bin Muhammad Shihab dan Syarifah Sidah Alatas. Kedua orangtua Rizieq merupakan orang betawi keturunan Hadramaut, Yaman.

Rizieq adalah seorang habib atau sayyid dengan klan Shihab (merujuk pada Shihabbuddin bin Syech) yang silsilahnya dapat ditelusuri sampai kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib melalui Imam Ahmad al-Muhajir. Sementara itu istri Rizieq bernama Syarifah Fadhlun juga merupakan keluarga Sayyid dari klan bin Yahya.

Baca juga: Profil 2 Kapolda dan 8 Kapolres Dicopot, Rizieq Shihab Effect

Pentolan FPI itu mengakui bahwa dirinya keturunan Arab dan dari status sosial juga sebagai keturunan habib dan mengklaim sebagai keturunan ke-39 Nabi Muhammad SAW.

Ayahnya, Habib Hussein Shihab merupakan pendiri Gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan tahun 1937. Mengikuti jejak ayahnya, Rizieq Shihab juga mendirikan organisasi keagamaan yang dikenal sebagai Front Pembela Islam.

FPI didirikan pada 17 Agustus 1998 di halaman Pondok Pesantren Al Um, Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan. Saat itu, FPI didirikan dengan tujuan menjadi wadah kerjasama antara ulama dan umat dalam menegakkan amar makruf nahi mungkar di setiap aspek kehidupan.

FPI memiliki beberapa badan khusus yang berdiri sejak awal, di antaranya Badan Investigasi Front, Badan Antiteror, dan Badan Pengkaderan Front. Selain itu FPI memiliki anak organisasi di antaranya Laskar Pembela Islam (LPI), Front Mahasiwa Islam (FMI) dan Serikat Pekerja Front (SPF).

Sejak ormas FPI berdiri, banyak kegiatan amal yang dilakukan oleh kelompok ini. Namun, ada juga sejumlah peristiwa kekerasan yang menurut banyak pihak turut mencoreng nama organisasi yang membawa embel-embel nama agama.

Rizieq ShihabRizieq Shihab. (Foto: Tagar/Cokro TV)

Selain menjadi Pimpinan FPI, Habib Rizieq juga merupakan salah satu tokoh Indonesia yang dikenal memiliki sederet kontroversi. 

Alumnus Universitas Raja Saud, Arab Saudi itu cepat dikenal orang karena caranya menyebarkan ajaran Islam berbeda dengan habib dan ustaz lainnya di Indonesia.

Baca juga: Wakil Sekretaris FPI Tuntut Keadilan Baliho Rizieq Shihab

Berikut deretan kontroversi yang sempat dilakukan Habib Rizieq Shihab bersama simpatisannya di Front Pembela Islam:

1. FPI yang dipimpin oleh Rizieq Shihab pernah melakukan aksi sweeping tempat hiburan malam dan menimbulkan aksi kekerasan. Tepatnya pada 2003, Rizieq divonis bersalah oleh Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan diganjar hukuman 7 bulan penjara. Ia dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan menghasut, melawan aparat keamanan, dan memerintahkan merusak sejumlah tempat hiburan di Ibu Kota.

2. Pada 1 Juni 2008, FPI melakukan aksi penyerangan di Monas, saat menuntut pembubaran Ahmadiyah. Buntut dari kejadian tersebut membuat beberapa orang terluka serta fasilitas umum di Monas rusak. 

Habib Rizieq pun divonis hukuman penjara 1 tahun 6 bulan akibat peristiwa penyerangan yang menimpa massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan atau AKKBB pada peristiwa Insiden Monas 1 Juni.

3. Pada 13 Oktober 2012, FPI berdemonstrasi di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menuntut penolakan pencabutan peraturan daerah (perda) pelarangan minuman keras atau miras. Akibat dari aksi turun ke jalan, sejumlah fasilitas keamanan dan gedung Kemendagri rusak.

4. 3 Oktober 2014, FPI berdemonstrasi menolak pelantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Akibatnya sejumlah fasilitas umum rusak dan 14 pedemo diamankan polisi.

5. Pada 2016, Rizieq kembali beririsan dengan hukum akibat ucapannya di berbagai tempat yang dinilai telah menodai, menghina dan melakukan aksi kebencian.

6. Habib Rizieq disebut-sebut pernah menghina Pancasila saat ceramah di Gasibu, Bandung, hingga dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri pada 27 Oktober 2016. Namun, dalam kasus ini pihak kepolisian sudah mengeluarkan surat penghentian penyidikan atau SP3

7. Rizieq Shihab juga pernah memprotes Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan yang ia anggap sudah mencetak uang ada logo mirip palu arit di uang kertas pecahan Rp 100.000 cetakan baru. Rizieq menilai logo PKI sempat tercetak pada lembaran uang Rp 100 ribu edisi Soekarno-Hatta, tepatnya di logo Bank Indonesia. Logo itu ia anggap muncul kembali pada pecahan uang rupiah baru yang dikeluarkan BI untuk nilai nominal Rp 2.000, Rp 5.000, dan Rp 10.000.

8. Pentolan FPI Rizieq Shihab meninggalkan Indonesia pada tahun 2017, dengan dalih melakukan ibadah umrah saat kasus chat mesumnya dengan Firza Husein diselidiki kepolisian. Di Arab Saudi, Rizieq menetap selama 3,5 tahun, hingga baru menginjak Tanah Air pada 10 November 2020 lalu.

9. Sepulangnya dari Arab Saudi, Rizieq Shihab diketahui menjadi magnet kerumunan massa yang menjemputnya di Bandar Udara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta). Imbas dari penumpukan massa, membuat sejumlah fasilitas umum di Terminal 3 rusak, hingga sejumlah maskapai penerbangan pun membatalkan jadwal keberangkatan, karena akses tol menuju bandara lumpuh total.

10. Rizieq kembali menjadi magnet kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19, saat menggelar acara pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta, serta menghadiri acara keagamaan di Tebet dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Buntut dari peristiwa ini membuat Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat mendapat mutasi jabatan. Bahkan, pentolan FPI itu disebut-sebut bakal dipanggil ke Polda Jawa Barat dan Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi permalahan yang beririsan dengan Pasal 93 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. [] (Magang/Victor Johanes)

Berita terkait
Baliho Rizieq Shihab Dicopot TNI Bukan Milik FPI, Faktanya?
Ratusan spanduk dan baliho Rizieq Shihab yang sudah diturunkan oleh TNI diklaim bukan milik Front Pembela Islam (FPI).
Anggap Rizieq Meresahkan, #IsolasiRizieqdanFPI Jadi Trending
Tagar #IsolasiRizieqdanFPI menjadi trending di Twitter pada Senin, 23 November 2020.
Mayjen Riad: Mabes Tidak Perintahkan Penurunan Baliho Rizieq
Jajaran Markas Besar (Mabes) TNI tidak pernah memberikan perintah untuk menurunkan baliho Imam Besar Front Pembela Islam (FPI).
0
Profil Pentolan FPI Rizieq Shihab Penuh dengan Kontroversi
Berikut profil pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang sarat dengan kontroversi.