Profil Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan Pilihan Jokowi

Muhammad Lutfi ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Muhammad Lutfi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Lutfi bukanlah orang baru dalam dunia Kementerian Perdangan. 

Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai menteri perdangannya juga pada masa pemerintahan Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggantikan Gita Wirjawan.

Presiden menyampaikan hal tersebut pada Selasa, 22 Desember 2020 melalui akun YouTube Sekretariat Kepresidenan.

“Yang terakhir, Bapak Muhammad Lutfi, beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPN, kemudian Menteri Perdagangan. Kemudian, Duta Besar untuk Jepang dan terakhir Duta Besar untuk Amerika Serikat, dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” ujarnya.

Profil Muhammad Lutfi

Sebelum menjabat Mendag, suami dari mantan model Bianca Adinegoro mengemban jabatan terakhir sebagai Dubes RI untuk AS. Pria kelahiran tahun 1969 dari pasangan Firdaus Wadjdi dan Suhartini ini mengawali kariernya sebagai pengusaha.

Pada usian 29 tahun, Lutfi pernah dipercaya untuk menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Yang Lebih Baik (HIPMI JAYA) periode 1998-2001. Selama periode 2001-2004, Lutfi menjadi Ketua Nasional HIPMI.

Mengantongi gelar sarjana di bidang Economics dari Purdue University, Amerika Serikat, Lutfi ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk masuk ke dalam Kabinet Indonesia Bersatu pada 2005.

Posisi yang ditempati Lutfi di kabinet tersebut sebagai Kepala BKPM. Saat itu usianya masih 36 tahun dan Lutfi tercatat sebagai Kepala BKPM termuda di Indonesia.

Saat memimpin BKPM, Lutfi dinilai berhasil membawa Indonesia masuk dalam 25 Daftar Teratas Tempat Tujuan Investasi versi AT Kearney pada edisi nomor 21. Di bawah kendali Lutfi, Indonesia juga diakui oleh Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) sebagai salah satu negara berkembang terbaik.

Di BKPM, Lutfi telah memperkenalkan aspek keterbukaan penuh dan memprakarsai pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), yang saat ini menjadi sumber daya tarik bagi para investor asing.

Pada 2008, Lutfi mendapat penghargaan sebagai Pemimpin Muda yang Berpengaruh oleh The World Economic Forum's Young Global Leaders. Ia juga menerima penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana, yaitu salah satu penghargaan tertinggi di Indonesia yang diberikan untuk anggota masyarakat sipil.

Lutfi dilantik sebagai Menteri Perdagangan pada 14 Februari 2014 menggantikan Gita Wirjawan, dan berakhir masa jabatannya pada Oktober 2014.

Sosok Lutfi sebagai mendag baru tentu tak perlu lagi belajar, pengalamannya membuat ia jadi mumpuni dengan tanggung jawabnya. []

Berita terkait
Mendag Muhammad Lutfi Miliki Harta Kekayaan Rp 123,5 Miliar
Muhammad Lutfi ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.
M Lutfi Jadi Menteri Perdagangan, Martin: Langsung Kerja!
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung meminta Muhammad Lutfi langsung bekerja, usai ditetapkan menjadi Menteri Perdagangan.
Sandiaga - M Lutfi - Erick Thohir, 3 Sahabat Jadi Menteri Jokowi
Sandi, Erick, dan Lutfi juga merupakan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Kini mereka jadi menteri Jokowi.
0
Ma'ruf Amin: Pancasila Hadir Menjadi Titik Temu Kata Sepakat
Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan bahwa Pancasila merupakan titik temu kata sepakat dan menyatukan berbagai perbedaan antara suku bangsa.