UNTUK INDONESIA

Profil Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) untuk menggantikan Menteri Agama Fachrul Razi. Berikut profilnya
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) untuk menggantikan Menteri Agama Fachrul Razi. Berikut profilnya. (foto: istimewa)

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) untuk menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama RI periode kerja 2020-2024.

Hal itu diumumkan Jokowi dari Istana Merdeka dan disiarkan langsung dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 22 Desember 2020. 

"Yang keempat, Yaqut Cholil Qoumas. Akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," ucap Jokowi.

Baca juga: Jokowi Perkenalkan 6 Menteri Baru, Ada Sandiaga Uno dan Gus Yaqut

Yaqut Cholil Qoumas atau akrab dikenal sebagai Gus Yaqut merupakan putra pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia adalah Ketua Umum salah satu sayap organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU), yakni Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Pria kelahiran 4 Januari 1975 itu merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri atau Gus Mus dan juga saudara dari tokoh NU Yahya Staquf.

Gus Yaqut tercatat sempat menempuh pendidikan di SDN Kutoarjo hingga lulus pada tahun 1987. Kemudian, ia menyelesaikan pendidikan sekolah menengah di SMPN II Rembang pada tahun 1990 dan di SMAN II Rembang pada tahun 1993.

Lulus SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia. Di sana, ia juga aktif berorganisasi sebagai Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang UI Depok hingga 1997.

Pada tahun 2005, Gus Yaqut terjun ke arena politik praktis, menjadi Anggota DPRD Kabupaten Rembang (2005). Di tahun yang sama ia maju mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati pada Pilkada 2005 dan terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang periode kerja 2005-2010.

Gus Yaqut duduk di parlemen pada tahun 2014. Dia dilantik sebagai Anggota DPR RI Fraksi PKB, dalam pergantian antarwaktu menggantikan Hanif Dhakiri yang diangkat menjadi Menteri Tenaga Kerja di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Profil Gus Yaqut Cholil Qoumas, Ketua GP Ansor Sekaligus Politisi PKB

Selain itu, dia juga melaksanakan tugas sebagai Ketua Umum GP Anshor dan terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024 dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah X.

Menjadi bagian dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI, Yaqut bertugas di Komisi II DPR yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria.

Terakhir diberitakan, Yaqut terlihat mendukung Polri dalam pengusutan tewasnya enam (6) laskar Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 50. 

Dalam hal itu, dia memercayakan Kepolisian RI (Polri) dalam mengambil tindakan hukum secara tegas kepada semua perongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pemecah belah persatuan bangsa.

Berikut Biodata Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut

Riwayat Pendidikan

SDN KUTOHARJO (1981-1987)

SMPN II REMBANG (1987-1990)

SMAN II REMBANG (1990-1993)

Universitas Indonesia Jurusan Sosiologi

Riwayat Pekerjaan

RADIO MATA AIR FM REMBANG, sebagai: KOMISARIS (2012)

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN REMBANG, sebagai: WAKIL BUPATI (2005-2010)

DPRD KABUPATEN REMBANG, sebagai: ANGGOTA (2004-2005)

ANGGOTA DPR RI PERIODE 2014-2019, 2019-2024.

Riwayat Organisasi

PIMPINAN PUSAT GP ANSOR, sebagai: KETUA UMUM (2016-2021)

PIMPINAN PUSAT GP ANSOR, sebagai: KETUA (2011-2016)

DPC PKB BANDUNG, sebagai: KETUA (2001-2015)

PMII DEPOK, sebagai: KETUA UMUM (1997-1999). [] (Magang/Victor Jo)

Berita terkait
Tiga Mantan Ketua Umum HIPMI dalam Kabinet Jokowi - Ma'ruf
Tiga mantan Ketua Umum HIPMI menjadi menteri dalam kabinet Jokowi. Bahlil Lahadalia, Sandiaga Uno, dan Muhammad Lutfi.
Profesional Jabat Menteri, Jokowi Harus Tendang Wakil Partai
Presiden Joko Widodo atau Jokowi harus pertimbangkan profesional nonpartai duduki menteri Kabinet Indonesia Maju, tendang wakil partai korupsi.
Jokowi Akan Umumkan Menteri Baru, Ini Nama-namanya
Presiden Joko widodo dikabarkan akan mereshuffel Kabinet Indonesia Maju, sejumlah menteri akan diganti
0
Polisi Buru Wanita Temani Pria asal Flores yang Tewas di Hotel
Polisi kini tengah memburu wanita temani pria asal Flores yang ditemukan tewas di kamar salah satu hotel di Makassar.