UNTUK INDONESIA
Profil Mamuju, Ibu Kota RI Pilihan Jusuf Kalla
Kab Mamuju merupakan usul Jusuf Kalla terkait calon Ibu Kota di luar Pulau Jawa.
Mamuju. (Foto: Dok Dispora Provinsi Sulawesi Barat)

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sempat membisiki Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal opsi Kabupaten Mamuju terkait wacana perpindahan Ibu Kota di luar Pulau Jawa. JK menilai, Mamuju letaknya berada di tengah-tengah Indonesia, jika diukur dari utara, barat, timur dan selatan.

Meski baru sebatas wacana mengenai pemindahan Ibu Kota, yang jelas tak ada salahnya untuk mendalami khazanah Kota Mamuju yang belum banyak diketahui orang.

Kabupaten Mamuju yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat, diapit oleh dua kota besar di Pulau Sulawesi yakni Kota Makassar dan Palu.

Dalam sektor pariwisata, tak perlu diragukan lagi eksotisme alam daerah tersebut, yang dikarunia panorama indah, mulai dari bentang luas perbukitan hijau dan tepian pantai teramat jernih, yang sekilas mirip dengan destinasi wisata unggulan seperti di Taman Nasional Bunaken yang terletak di dekat Manado.

Jika berkunjung ke pantai Sarududu, jangan lewatkan momen matahari terbenam dari atas dermaga daerah tersebut, yang menatap langsung ke Selat Makassar.

Jangan lupa juga untuk menginjakkan kaki di Pantai Manakarra, yang menjadi ikon sentral Mamuju. Selain itu, di areanya juga dapat dijumpai aneka pulau cantik seperti Pulau Karampuang, Pulau Popoongan, Pulau Balabalakang dan masih banyak yang lainnya.

Kota Mamuju diapit oleh pantai dan perbukitan berlapis cokelat. Bukit berkelok sepanjang 500 kilometer selepas Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dan deretan kapal nelayan khas Mandar menambah indahnya panorama alam di sana.

Untuk mencapai Mamuju dari Jakarta untuk saat ini harus transit terlebih dahulu dari Makassar. Di Mamuju terdapat Bandar Udara Tampa Padang atau Bandar Udara Ahmad Kirang yang berada di Desa Tampa Padang, yang berjarak sekitar 35 km dari pusat kota.

Diketahui, bandara tersebut memiliki luas sekiranya 1.900 meter. Artinya, pesawat sekelas Boeing pun sudah mampu mendarat di bandara tersebut.

Mengutip data mamujukab.go.id, pada tahun 2016, jumlah penduduk di Kabupaten Mamuju sebanyak 272.258 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki sebesar 138.698 jiwa, penduduk perempuan sebanyak 133.560 jiwa.

Pada tahun 2015, total penduduk usia kerja (15 tahun ke atas), lebih dari separuh penduduk Kabupaten Mamuju yang termasuk dalam angkatan kerja. Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) di Kabupaten Mamuju mencapai 70,06 persen atau sebanyak 126.363 orang. Dari jumlah tersebut yang mampu terserap oleh lapangan kerja yang tersedia di Kabupaten Mamuju sebanyak 121.587 orang.

Angkatan Kerja yang dapat terserap di pasar kerja di Kabupaten Mamuju terserap pada semua kategori ekonomi dengan persebaran yang cukup bervariasi.

Kategori pertanian merupakan kategori yang menyerap tenaga kerja terbanyak di Kabupaten Mamuju yang mencapai 59,10 persen dari jumlah total penduduk. Banyaknya tenaga kerja yang terserap di kategori pertanian diduga dipicu dari pertanian yang menjadi pangsa terbesar dalam menciptakan perekonomian di Kabupaten Mamuju pada tahun 2015.

Baca juga:

Berita terkait
0
Demo Lagi, Kantor Polisi Hong Kong Dilempar Bom Molotov
Hong Kong kembali diwarnai aksi demo menentang RUU Ekstradisi. Minggu 20 Oktober, demontrans menyerang kantor polisi dengan melempar bom molotov