UNTUK INDONESIA
Profil Kamala Harris, Wapres Perempuan dan Kulit Hitam Pertama
Sebelum maju sebagai cawapres, Kamala Harris merupakan senator yang mewakili California pada 2017.
Wakil Presiden AS terpilih, Kamala Harris, saat berpidato di hadapan para pendukung Partai Demokrat setelah media memberitakan kemenangan pasangan capres/cawapres Joe Biden - Harris, di Wilmington, Delaware, Sabtu, 7 November 2020. (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta - Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden dan Kamala Harris dinyatakan menang dalam perhitungan suara. Kamala Harris otomatis akan menjadi wakil presiden perempuan serta berkulit hitam pertama di negeri Paman Sam.

Kamala Harris mengaku bangga dengan pencapaian tersebut. Ia berharap akan ada wanita serta berkulit hitam lainnya yang mengikuti jejaknya untuk duduk di Gedung Putih. 

"Meskipun saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara yang penuh peluang dan bagi anak-anak terlepas dari jenis kelamin Anda, negara kami telah mengirimkan pesan yang jelas: Bermimpilah dengan ambisi, pimpin dengan keyakinan," ungkao Harris dalam pidatonya, Minggu, 8 November 2020.

Profil Kamala Harris

Sebelum maju sebagai cawapres, Kamala Harris merupakan senator yang mewakili California pada 2017. Ia kemudian aktif di Homeland Security and Governmental Affairs Committee, Select Committee on Intelligence, Committee on the Judiciary, dan Committee on the Budget.

Wanita kelahiran Oakland, California pada 20 Oktober 1964 itu besar dari orang tua yang aktif dalam gerakan hak-hak sipil. Ayahnya Donald Harris dari Jamaika dan Shyamala Gopalan Harris dari India.

Orang tua Kamala bercerai sehingga ia diasuh oleh sang Ibu, Shyamala. Tak heran jika ia mengaku sangat dekat dengan ibunya bahkan namanya merupakan pemberian dari sang Ibu yang telah meninggal di tahun 2009.

Namanya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti 'bunga teratai'. Selain itu, 'Kamala' juga merupakan julukan lain dari dewi kesejahteraan, keberuntungan, dan keindahan dari agama Hindu, yakni dewi Lakshmi.

Kamala menempuh pendidikan di Howard University. Secara historis universitas tersebut dikenal sebagai perguruan tinggi kulit hitam dan memiliki perkumpulan mahasiswa pertama untuk perempuan berkulit hitam.

Tak hanya itu, ia juga diketahui menempuh pendidikan di University of California, Hastings. Ia pun mulai aktif dalam bidang yang ia geluti.

Kamala Harris telah menikah dengan Douglas Emhoff pada tahun 2014. Douglas sendiri berprofesi sebagai pengacara dan memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kamala Harris Cetak Sejarah Meski Hadapi Hambatan Rasial
Wapres AS terpilih, Kamala Harris, cetak sejarah sebagai perempuan pertama yang jadi wakil presiden walaupun perjalannya dihadang hambatan rasial
Perempuan di India Jadikan Kamala Harris Sebagai Inspirasi
Perempuan di Desa Thulasendrapuram, India, pajang foto Kamala Harris di balai desa sebagai inspirasi untuk terus berkarya bagi keadilan sosial
Pilpres AS, Kamala Harris Minta Donasi Hadapi Gugatan Trump
Calon Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris menggalang donasi untuk menghadapi gugatan pengadilan yang dilayangkan petahana, Donald Trump.
0
Profil Kamala Harris, Wapres Perempuan dan Kulit Hitam Pertama
Sebelum maju sebagai cawapres, Kamala Harris merupakan senator yang mewakili California pada 2017.