UNTUK INDONESIA
Profil Joe Biden, Siap Melenggang ke Gedung Putih
Joe Biden diprediksi kuat bakal mengalahkan Trump setelah mengungguli perolehan suara dari lawan terberatnya itu.
Joe Biden, calon presiden AS dari Partai Demokrat, dalam debat capres kedua dan terakhir, di Belmont University, Nashville, Tennessee, Kamis, 22 Oktober 2020. (Foto: voaindonesia.comn - Jonathan Ernst/Reuters)

Jakarta - Calon Presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden berhasil mengungguli perolehan suara dari lawan terberatnya Donald Trump. Bahkan Joe Biden memenangkan suara terbanyak dibandingkan presiden lain dalam sejarah Amerika.

Pada Kamis, 5 November 2020, Biden memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Barack Obama setelah mendapatkan lebih dari 72 juta suara pada pemilihan 2020.

Obama pernah memecahkan rekor ini pada 2008 ketika dia mendapatkan 69,4 juta suara.

"Teman-teman, saya yakin kita akan muncul sebagai pemenang, tapi ini bukan kemenangan saya sendiri atau kemenangan kita sendiri. Ini akan menjadi kemenangan bagi rakyat Amerika, untuk demokrasi kita untuk Amerika," ujar Biden, Rabu, 4 November 2020.

Teman-teman, saya yakin kita akan muncul sebagai pemenang, tapi ini bukan kemenangan saya sendiri atau kemenangan kita sendiri.

Saat ini Biden telah mendapatkan 50,4 persen suara, sementara Trump meraih 48 persen, di mana sebanyak 87 persen surat suara telah dihitung. Diperkirakan angka tersebut berubah seiring dengan progres penghitungan suara.

Profil Joe Biden

Joseph Robinette Biden Jr. atau yang akrab disapa dengan Joe Biden, merupakan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat. Selain politikus, ia juga aktif sebagai pengacara. 

Biden adalah anggota Partai Demokrat dan anggota Senator dari Delaware. Pada pilpres 1988 dan 2008, ia mencalonkan diri sebagai presiden namun mengundurkan diri. 

Pada 22 Agustus 2008, Barack Obama mengumumkan bahwa Biden ditunjuk sebagai pasangan bakal calon wakil presidennya dalam Pilpres 2008.

Pria kelahiran Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942 inimerupakan anak pertama dari empat bersaudara. Ia mengenyam pendidikan di University of Delaware dan Syracuse Law School. Saat usianya 29 tahun, ia terpilih sebagai anggota senat Amerika Serikat. Ia merupakan orang termuda dalam anggota senat tersebut.

Kejadian mengerikan menimpa keluarganya seminggu setalah ia menjabat senator. Istrinya, Neilia Hunter dan anak perempuannya, Naomi harus meregang nyawa karena sebuah kecelakaan. 

Sementara kedua anak lelakinya menderita luka yang cukup parah. Biden dilantik sebagai anggota senat Amerika di samping tempat tidur anak-anaknya. Ia memulai aktivitasnya dengan berangkat ke Washington dengan menggunakan kereta api. Kebiasaannya ini ia lakukan selama ia menjabat sebagai anggota Senat.

Pada tahun 1977, ia menikah dengan Jill Jacobs. Jill merupakan seorang pengajar di college daerah Washington DC. Jill dan Biden memiliki seorang anak yaitu Ashley.

36 tahun menjabat Senator asal Delaware, ia membuktikan bahwa ia memang sosok yang penting baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai Ketua atau Anggota Peringkat Komite Kehakiman Senat selama 17 tahun, Biden secara luas diakui kehebatannya pada isu peradilan pidana termasuk dalam kasus the landmark 1994 Crime Bill dan kekerasan terhadap perempuan. 

Sebagai Ketua atau Anggota Peringkat Senat Komite Hubungan Luar Negeri sejak tahun 1997, Biden memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan luar negeri AS. Ia telah berada di garis depan isu dan regulasi terkait terorisme, senjata pemusnah massal, pasca-Perang Dingin Eropa, Timur Tengah, dan Asia Barat Daya.

Sebagai Wakil Presiden ke-47 Amerika Serikat, Joe ditugasi Obama melaksanakan Pemulihan Amerika dan Reinvestasi UU, untuk membantu membangun kembali ekonomi Amerika dan meletakkan landasan bagi masa depan ekonomi yang berkelanjutan. 

Ia juga berperan penting dalam mengakhiri perang yang ada di Irak. Pada bulan Desember 2011, ia terbang ke Irak guna menandai akhir resmi dari perang.

Pendidikan

  1. University of Delaware
  2. Syracuse Law School

Karier

  1. Pengacara
  2. Politikus. []

Baca juga: 

Berita terkait
Profil Rahayu Saraswati Calon Wakil Wali Kota Tangsel
Rahayu Saraswati atau Sara maju sebagai calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, berikut profilnya.
Profil Muhamad Calon Wali Kota Tangerang Selatan
Sosok Babeh, yaitu Drs. H. Muhamad. M.Si, seorang pria kelahiran Tangerang Selatan, pada 6 April 1964, Calon Wali Kota Tangerang Selatan
Profil dan Perjalanan Idham Aziz Hingga Menjabat Kapolri
Genap satu tahun Idham Aziz menjabat. Lalu siapa dan bagaimana perjalanan Idham hingga berada di jabatannya yang sekarang?
0
Profil Joe Biden, Siap Melenggang ke Gedung Putih
Joe Biden diprediksi kuat bakal mengalahkan Trump setelah mengungguli perolehan suara dari lawan terberatnya itu.