UNTUK INDONESIA

Profil Edhy Prabowo, Orang Terdekat Prabowo Diciduk KPK

Sebelum menjadi orang terdekat Prabowo, Edhy Prabowo pernah masuk Akabri namun hanya 2 tahun karena mendapat sanksi dari kesatuan.
Menteri Kelautan dan Peringatan Edhy Prabowo. (Foto: Instagram/@edhy.prabowo)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama istrinya, Iis Rosita Dewi, ajudan menteri, dan ajudan istri menteri.

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, menyebut Edhy Prabowo diamankan di Bandara Soekarno - Hatta, pada Rabu dini hari, pukul 02.00 WIB beserta sejumlah pegawai KKP sepulang perjalanan dari Amerika Serikat.

"Benar KPK tangkap, berkait ekspor benur," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, dikutip Tagar pada Rabu, 25 November 2020.

Benar KPK tangkap, berkait ekspor benur.

Saat ini, petugas KPK telah membawa politikus partai Gerindra itu ke gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sesuai KUHAP, KPK mempunyai waktu 1X24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang ditangkap tersebut.

Belum ada keterangan resmi dari KPK ihwal kasus yang menjerat Edhy. Namun diduga penangkapan ini terkait dengan tugas-tugasnya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Profil Edhy Prabowo

Edhy Prabowo ternyata pernah masuk Akabri namun hanya bertahan dua tahun karena harus keluar usai mendapat sanksi dari kesatuan. Dari sini menjadi titik balik Edhy Prabowo melakukan perjalanan ke Jakarta hingga menjadi orang terdekat Prabowo Subianto.

Pria kelahiran Muara Enim, Sumatra Selatan, 24 Desember 1972 itu dibesarkan oleh pasangan Sutopo dan Sri Rejeki. Ia menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri I Unggulan Muara Enim dan kemudian masuk di Akabri Magelang pada tahun 1991.

Usai dari Akabri, Edhy kemudian merantau ke Jakarta dan tinggal di rumah orangtua teman bersama teman-temannya yang lain.

Temannya tersebut ternyata merupakan sahabat dari Prabowo Subianto yang saat itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD. Setelah berkenalan dengan Prabowo, Edhy kemudian ditawari untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo.

Edhy juga diminta untuk belajar silat setiap akhir pekan di Batujajar, Bandung. Ia pun pernah berjaya di event Pekan Olah Raga Nasional (PON) dan beberapa kejuaraan lainnya tingkat mancanegara.

Lama kelamaan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo yang setia. Tercatat, Edhy menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania. Kala itu, Prabowo tengah merintis usaha di negeri tersebut.

Pada 2005, Edhy aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI.

Selanjutnya, pada tahun 2007, ia kemudian memulai bisnisnya dengan mendirikan perusahaan jasa keamaanan, PT Garuda Security Nusantara dan menjabat menjadi Presiden Direktur dan menjadi Komisaris di PT Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Prabowo.

Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy kemudian maju sebagai calon DPR RI di kampung halamannya yakni Dapil Sumatera Selatan II dan berhasil lolos ke senayan karena mendapatkan suara terbanyak.

Tak disangka, nama Prabowo di belakang namanya membuat berkah dirinya. Banyak orang mengira bahwa dia adalah anak kandung Prabowo Subianto, padahal sebenarnya adalah anak angkatnya.

Kendati sebagai anggota aktif di DPR, dia masih aktif mengurus perguruan silat Satria Muda Indonesia dan beberapa bisnis lainnya. Edhy Prabowo dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra (2012 - sekarang).

Edhy Prabowo dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Presiden Jokowi Widodo pada tanggal 23 Oktober 2019.

Keluarga

  1. Istri: Iis Rosita Dewi
  2. Anak: Satrio Budi Wiroreno
  3. Anak: Raja Dimas Satrio
  4. Anak: Adityo Suryotomo

Pendidikan

  1. SMA Negeri I Unggulan Muara Enim
  2. Akabri Magelang (tidak lulus)
  3. S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta (1997)
  4. S2, Master of Business Administration, Swiss German University (SGU), Serpong (2004)
  5. S3, Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang (2020)

Karier

  1. Anggota Akabri pada tahun 1911 (bertahan hingga 2 tahun)
  2. Anggota DPR-RI dari Dapil DPR Sumatera Selatan I Komisi VI dan Bamus dari partai GERINDRA
  3. Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan (Diklat) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra
  4. Atlet pencak silat nasional. []

Baca juga: 

Berita terkait
Siapa Iis Rosita Dewi, Istri Edhy Prabowo Ikut Ditangkap KPK
Selain menjadi istri seorang menteri, Iis Rosita Dewi juga merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dari Partai Gerindra, dapil Jawa Barat II.
Profil Fatmawati Cakada Perempuan Bersaing di Pilkada Makassar
Berikut profil satu-satunya perempuan di kontestan Pilkada Makassar tahun 2020.
Profil Sutinah Suhardi, Cakada Perempuan Pertama di Mamuju
Berikut profil lengkap calon kepala daerah Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat Hj Siti Sutinah Suhardi
0
BTS Masuk Nominasi Grammy Awards, The Weeknd Tuding Ada Kecurangan
The Recording Academy dituding berlaku curang dengan memasukkan nama grup boyband BTS dalam daftar resmi nominasi Grammy Awards ke-63.