UNTUK INDONESIA
Profil Benny Tjokro, Tersangka Korupsi Jiwasraya
Benny Tjokro, cucu pendiri grup Batik Keris Kasom Tjokrosaputro ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya.
Direktur Utama PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro berjalan meninggalkan gedung bundar Kejaksaan Agung usai diperiksa sebagai saksi di Jakarta, Senin, 6 Januari 2020. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Komisaris Utama PT Hanson Internasional Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Benny Tjokrosaputro lahir di Surabaya, 15 Mei 1969 silam. Ia merupakan cucu Kasoem Tjokrosaputra, pendiri Batik Keris yaitu perusahaan batik yang didirikan di daerah Sukoharjo, Kelurahan Cemani 1946 yang sebenarnya telah dijalankan oleh orang tuanya sejak 1920.

Pria lulusan Universitas Trisakti ini dikenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia yang mengepalai berbagai perusahaan, salah satunya PT Hanson Internasional Tbk, perusahaan landbank properti terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 4.900 hektar lahan.

Baca juga: Profil Hendrisman Rahim Tersangka Korupsi Jiwasraya

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Luar Biasa (RUPSLB), Jumat, 10 Agustus 2018 Benny ditetapkan sebagai Komisaris Utama Hanson yang didirikan pada 1971 sebagai perusahaan tekstil.

Benny TjokrosaputroUtama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro (kiri) dan Melinda Gates (kanan). (Foto: hanson.co.id)

Tak hanya terkenal sebagai pengusaha, melalui Hanson, Benny aktif meramaikan event besar International Monetary Fund (IMF) – World Bank hingga mengadakan pertemuan dengan istri dari Pendiri Microsoft Bill Gates, Melinda Gates seperti dilansir dari laman resmi hanson.co.id.

Pertemuan antara Benny dan Melinda membahas dan mengupayakan perbaikan layanan kesehatan anak-anak di Indonesia serta kerjasama untuk program Corporate Social Responsibility jangka panjang dengan berdonasi kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Sebagai pengusaha sukses, Benny tak luput dari perhatian Majalah Forbes Indonesia. Cuan yang ia kumpulkan menempatkannya di urutan ke-43 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2018. Dengan taksiran kekayaan mencapai 670 juta dolar Amerika Serikat.

Benny Tjokoro yang kini ditahan, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya, Selasa, 14 Januari 2019 bersama empat orang lainnya.

Tiga di antaranya merupakan jajaran direksi lama Jiwasraya, yakni eks Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim, eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan, dan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Harry Prasetyo.

Sedangkan satu tersangka lainnya yang juga berasal dari swasta yaitu Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat.

Tak hanya terlibat dalam kasus Jiwasraya, Benny disebut-sebut terseret pada pusaran kasus dugaan korupsi yang mencapai Rp 10 triliun di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero). []

Berita terkait
Benny Tjokro Tersangka Jiwasraya, Keberhasilan BPK?
Kementerian BUMN apresiasi penetapan tersangka terhadap Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro atas dugaan korupsi Jiwasraya.
Respons Erick Thohir Eks Dirut Jiwasraya Tersangka
Menteri BUMN Erick Thohir menilai penetapan tersangka eks Dirut Jiwasraya Hendrisman dan empat orang lainnya tindakan penting Kejaksaan Agung.
Eks Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim Jadi Tersangka
Dua mantan pimpinan PT Asuransi Jiwasraya jadi tersangka kasus korupsi.
0
Harga dan Spesifikasi Infinix Note 7
Infinix Note 7 mengandalkan baterai jumbo 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 18 watt, yang mendukung untuk main game seharian.