UNTUK INDONESIA

Profil Alex Asmasoebrata, Eks Pembalap Nasional Tutup Usia

Alex merupakan seorang mantan pembalap nasional pada era balapan di Sirkuit Ancol dan Sirkuit Sentul.
Mantan Pembalap Nasional, Alex Asmasoebrata. (Foto: Tagar/Instagram/alex_asmasoebrata)

Jakarta - Mantan pembalap nasional, Alex Asmasoebrata dikabarkan telah meninggal dunia pada hari Sabtu dini hari, 2 Januari 2021 di Jakarta.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh sang putri, Alexandra Asmasoebrata melalui akun Instagram pribadinya, @alexandra.asma. Ia mengunggah foto masa kecilnya bersama sang papa dengan caption “Ciao Papa”. 

Dalam postingan selanjutnya, dirinya menyampaikan bahwa sang papa telah meninggal dunia pukul 00.10 WIB di RSCM Kencana.

“Telah meninggal dunia suami/ayah/kakek/ kami H. M.A.S Alex Asmasoebrata pada Sabtu, 2 Januari 2021 pukul 00.10 WIB di RSCM Kencana. Kami memohon maaf atas segala kesalahan alm, semoga alm. Husnul khatimah,” ujarnya melalui akun Instagram pribadinya Sabtu pagi, 2 Januari 2021.

Profil Alex Asmasoebrata

Alex merupakan seorang mantan pembalap nasional pada era balapan di Sirkuit Ancol dan Sirkuit Sentul. Kemudian ia membentuk tim Alexandra Asmasoebrata Motorsport (AAM) dan mendukung sang putri mengikuti jejaknya sebagai pembalap nasional.

Pria kelahiran Jakarta, 23 Juni 1951 itu memiliki nama lengkap H.M.A.S Alex Asmasoebrata. Dirinya dikenal sebagai seorang pembalap nasional. Ia menghabiskan masa kecilnya di Jakarta.

Alex diketahui bersekolah di SD Blok R Jl. Senopati, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Kemudian setelah lulus dari bangku sekolah dasar, dirinya melanjutkan sekolah di SMP 13 Jl. Tirtayasa, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Setelah lulu, ia melanjutkan kembali sekolahnya di SMA 6 Jl. Bulungan, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Setelah lulus dari bangku sekolah, ia menempuh pendidikan di APP Jl. Karang Anyar, Jakarta Pusat.

Nama Alex mulai merekat saat dirinya bergabung dengan dunia balap Indonesia. Sejak masih muda, dirinya sudah menjadi seorang pembalap mobil. Alex sempat tercatat sebagai juara nasional balap mobil.

Hobinya tersebut turun kepada sang putri, Alexandra Asmasoebrata. Sang putri mendapat gelar sebagai pembalap wanita terbaik di Indonesia.

Ia mulai pensiun dari dunia balap sejak tahun 2000. Meskipun telah pensiun, dirinya kerap mengikuti ajang Kejurnas Gokart Eshark ROK Cup Seri pertama di Sirkuit Sentul pada awal Februari lalu.

Selain menyukai dunia balap mobil, dirinya juga kerap terjun dalam dunia olahraga. Ia mengikuti beberapa cabang olahraga, seperti berkuda dan tenis. Alex sempat mendapatkan jabatan sebagai Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia. Selain itu, ia juga sempat mencoba untuk maju sebagai Ketua KONI pada 2017, namun, gagal meraih posisi tersebut.

Alex juga sempat terjun dalam dunia politik Indonesia. Dirinya sempat menjadi bagian dari PDI dan PDI perjuangan. Namun, Alex sempat menyampaikan rasa kecewanya kepada Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnopoetri. Atas rasa kecewanya tersebut, ia menjadi bagian dari pendukung SBY dan Boediono pada 2009.

Kini, dunia balap Indonesia berduka atas kepergian sang pembalap nasional tersebut. Alex dikabarkan telah mengembuskan napas terakhir di usia 69 tahun pada Sabtu dini hari, 2 Januari 2021. Penyebabnya kepergiaan Alex belum diketahui. Namun, beredar kabar beberapa bulan terakhir ini dirinya kerap dirawat di rumah sakit karena penyakit gula darah.

Pendidikan

  1. SD Blok R, Jl. Senopati, Kebayoran baru, Jakarta Selatan
  2. SMP 13, Jl. Tirtayasa, Kebayoran baru, Jakarta Selatan
  3. SMA 6, Jl. Bulungan, Kebayoran baru, Jakarta Selatan
  4. APP Jl. Karang Anyar, Jakarta Pusat.

Riwayat Pekerjaan

  1. 1975-1980 Manager Marketing CV Sriwenda
  2. 1980 Direktur PT. Surya Halex
  3. 1986 Direktur PT. Maulana Aahmad Syarief
  4. 1986 Direktur PT. Jaka Tanjung Sari
  5. 1986 Direktur PT. Cahaya Masa Muda. [] (Amira Salsabila Aprilia)
Berita terkait
Profil Habib Ja’far Al-Kaff, Sosok Ulama Kharismatik Kudus
Habib Jafar Al Kaff juga disebut sebagai wali Allah yang besar, maqamnya adalah Majdub.
Profil Aa Gym, Kabar Terkini Talak 3 Istri dan Virus Corona
Kabar terkini Aa Gym yang menjatuhkan talak tiga kepada istri pertamanya Ninih Muthmainah kembali ramai di media massa. Profil lengkap Aa Gym.
Profil Muladi, Menteri Kehakiman Era Orde Baru
Mantan menteri kehakiman, Prof. Muladi meninggal dunia pada Kamis.
0
Profil Alex Asmasoebrata, Eks Pembalap Nasional Tutup Usia
Alex merupakan seorang mantan pembalap nasional pada era balapan di Sirkuit Ancol dan Sirkuit Sentul.