UNTUK INDONESIA

Presiden Jokowi akan Pantau Vaksinasi Massal di Yogyakarta

Presiden Jokowi rencananya memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Yogyakarta dan cek pemakaian GeNose C19 di Stasiun Tugu.
Presiden Jokowi saat bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan untuk kunjungan sehari di Kabupaten Tapin, 18 Februari 2021. (Foto: Tagar/Instagram)

Yogyakarta - Presiden Joko Widodo rencananya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal pedagang Pasar Beringharjo di Benteng Vredeburg Kota Yogyakarta pada 1 Maret nanti. Selain itu, orang nomor satu di Tanah Air ini juga akan meninjau pemakaian GeNose C19 di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, vaksinasi massal di Kota Yogyakarta digelar mulai 1 Maret di tiga lokasi. Namun, kemungkinannya Presiden Jokowi hanya meninjau di satu lokasi saja. "Agendanya hanya menyaksikan vaksinasi massal kepada pedagang pasar, PKL dan pelaku usaha di Malioboro,” katanya pada Jumat, 26 Februari 2021.

Baca Juga:

Di Kota Yogyakarta, vaksinasi tahap kedua digelar secara massal mulai 1 hingga 6 Maret 2021. Tiga lokasi disiapkan yakni Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abubakar Ali. Pada vaksinasi massal ini tercatat 19.897 jiwa yang menjadi target divaksin.

Jumlah ini terdiri 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 pedagang sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro. Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah.

Agendanya hanya menyaksikan vaksinasi massal kepada pedagang pasar, PKL dan pelaku usaha di Malioboro.

Sementara itu, Presiden Jokowi selain menyaksikan langsung vaksinasi massal, rencananya juga akan melihat pelaksanaan cek Covid-19 menggunakan alat GeNose yang merupakan karya UGM di Stasiun Tugu Yogyakarta. Dari stasiun ini, rencananya Jokowi akan mencoba naik KRL rute Yogyakarta - Solo yang baru berorasi sebulan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, untuk melaksanakan vaksinasi ini telah menyiapkan 280 tenaga vaksinator. Mereka diambilkan dari beberapa fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada di Kota Yogyakarta serta mendapat tambahan tenaga dari RSUP Sardjito.

Baca Juga:

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengungkapkan, vaksinasi tahap kedua digelar secara massal mulai 1 Maret 2021 untuk data dan jumlah penerima vaksinasi massal sudah ada dan berada di bawah koordinasi Pemkot Yogyakarta. Pemberian vaksin untuk pedagang di Pasar Beringharjo dilakukan secara menyeluruh, baik pedagang pasar tanpa terkecuali, pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima.

Untuk wilayah DIY, total jumlah penerima vaksinasi Covid-19 pada tahap kedua di semua kabupaten/kota diperkirakan sekitar 630.000 orang. []

Berita terkait
Jogo Konco, 31 Wartawan di Kudus Ikuti Vaksinasi Covid
Sebanyak 31 wartawan di Kudus ikut vaksinasi Covid-19. Mereka merasa lebih aman ketika sudah divaksin.
Kemkominfo Berkolaborasi Sukseskan Vaksinasi Covid-19 bagi Awak Media
Menkominfo berkoordinasi dengan Kemenkes dan Dewan Pers melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada awak media.
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid untuk 5.512 Wartawan
Presiden Joko Widodo tinjau kegiatan vaksinasi hari pertama untuk awak media di seluruh DKI Jakarta.
0
Presiden Jokowi akan Pantau Vaksinasi Massal di Yogyakarta
Presiden Jokowi rencananya memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Yogyakarta dan cek pemakaian GeNose C19 di Stasiun Tugu.