Presdien Jokowi Sidak Apotek, Hanya Mendapatkan Satu Vitamin

Preisden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sidak ke Apotek Villa Duta di kawasan Bogor, Jawa Barat, ia mencari beberapa obat Covid-19.
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Tagar/Sekretariat Kabinet)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sidak ke Apotek Villa Duta di kawasan Bogor, Jawa Barat, ia mencari beberapa obat untuk terapi Covid-19 dan juga vitamin, pada Jumat, 23 Juli 2021, 

Jokowi hanya mendapatkan satu obat dari beberapa obat yang ditanyakan olehnya yaitu multivitamin yang mengandung Zinc, serta Becom-Zet. Untuk Zinc, apotek hanya memiliki merek Megavite. 

Sedangkan Becom-Zet stoknya sudah lama habis. Dalam video yang diunggah dari channel Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi juga mencari obat antivirus yang bernama Oseltamivir namun ternyata obat tersebut sudah lama tidak ada stok.


Itu ada data online yang ada di rumah sakit, nah itu bisa dilihat by kota segala macam berikut apoteknya, Kimia Farma, Century, Guardian, K24.


Setelah menanyakan beberapa obat di Apotek tersebut namun Presiden tidak mendapatkan obat yang disebutkannya tersebut. Dari hasil sidaknya tersebut ia langsung kembali ke mobil dan menghubungi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui telepon. Berikut isi percakapan Presiden dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

“Hallo Pak Menteri, saya cek ke apotek di Bogor saya cari obat antivirus, oseltamivir enggak ada. Cari lagi obat antivirus yang favipiravir juga nggak ada kosong, saya cari yang antibiotik Acetromicin juga ngga ada. Stoknya katanya habis sudah seminggu lebih,” ujar Presiden Jokowi dalam unggahan video yang dipublikasikan YouTube Setpres, Jumat, 23 Juli 2021. 

“Vitamin D3 juga yang 5000 IU juga enggak ada,” ucap Presiden.

"Mohon maaf ya Pak. Oke, Villa Duta. Karena saya ada catatan, Pak Presiden. Kita kan sudah ada yang online. Saya barusan cek ya Pak ya. Misalnya, untuk Favipiravir di apotek Kimia Farma Tajur Baru ada 4.900. Apotek Kimia Farma Juanda 30 ada 4.300, Kimia Farma di Semplak Bogor 4.200. Jadi nanti saya double check ya. Nanti ini saya kirim ke ajudan Bapak. Itu ada data online yang ada di rumah sakit, nah itu bisa dilihat by kota segala macam. Berikut apoteknya, Kimia Farma, Century, Guardian, K24," ucap Budi.

"Oke saya ke sana saja. Saya beli itu, coba ada nggak," kata Jokowi.

"Ah boleh pak, silakan," jawab Budi. 

(Selfiana)

Berita terkait
Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong Royong di Jakarta Timur
Presiden Jokowi meninjau langsung Rumah Oksigen Gotong Royong yang berlokasi di daerah Pulo Gadung, Jakarta Timur
Jokowi Jengkel Kepala Daerah Lambat Cairkan Anggaran Covid
Presiden Jokowi beserta jajaranya termasuk Sri Mulyani Indrawati jengkel terhadap Pemda yang lambat cairkan anggaran dana Covid-19.
Seruan 'Jokowi End Game' Provokasi dari Kelompok Tak Murni
Kemenko Polhukam mensinyalir adanya dua kelompok dari rencana tersebut yakni, kelompok murni dan tidak murni.
0
Presdien Jokowi Sidak Apotek, Hanya Mendapatkan Satu Vitamin
Preisden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sidak ke Apotek Villa Duta di kawasan Bogor, Jawa Barat, ia mencari beberapa obat Covid-19.