UNTUK INDONESIA
Prabowo Libatkan ASEAN Tangkal Pergerakan Teroris
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melibatkan ASEAN dalam menangkal pergerakan terorisme di wilayah Asia Tenggara.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad bin Sabu (ketiga kiri) saat melakukan kunjungan ke Kementrian Pertahanan Malaysia di Kuala Lumpur, Kamis 14 November 2019. (foto: Antara/Agus Setiawan).

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengajak negara yang tergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN untuk bersama-sama menangkal pergerakan terorisme. 

Disadari atau tidak, suka atau tidak, ada pergerakan dinamis (terorisme) yang mengancam negara-negara di ASEAN.

Prabowo menyampaikan kepada para delegasi militer negara ASEAN bahwa terorisme dapat mengancam keamanan negara. Untuk itu, kata dia, setiap negara perlu mewaspadai ancaman tersebut. 

Baca juga: Menakar Potensi Terorisme Saat Reuni PA 212 di Monas

"Saya amat berharap adanya komunikasi yang baik dari negara-negara ASEAN apabila ada ancaman terorisme tersebut," kata Prabowo saat membuka ASEAN Chiefs of Army Multilateral Meeting (ACAMM) Ke-20 di Kota Bandung, dilansir Antara, Senin, 25 November 2019.

Menurut Prabowo, ada tiga ancaman yang disebabkan terorisme terhadap negara-negara di ASEAN, di antaranya kejahatan transnasional, radikalisme, dan terorisme itu sendiri. 

"Disadari atau tidak, suka atau tidak, ada pergerakan dinamis (teroris) yang mengancam negara-negara di ASEAN," kata Menhan Prabowo. 

Mantan Danjen Kopassus itu mengajak setiap negara di Asia Tenggara untuk menciptakan suatu koordinasi terkait dengan upaya penangkalan paham yang membahayakan ini. 

Baca juga: Ancaman PKI Vs Ancaman Khilafah bagi NKRI

"Maka dari itu, dengan pertemuan ini diharapkan ada kerja sama yang baik dari negara-negara ASEAN," kata dia.

Selain itu, Ketua Umum Gerindra itu berharap dengan adanya kerja sama yang baik, negara-negara di ASEAN nantinya bisa menciptakan perdamaian bagi bangsa-bangsa di dunia. 

"Ini demi kuatnya kedaulatan di masing-masing negara ASEAN agar bisa lebih terus maju dan berkembang pada masa yang akan datang," kata Menhan Prabowo. []

Berita terkait
Keresahan Prabowo dengan Praktik Rante Kemenhan
Prabowo Subianto memperingatkan semua pihak untuk tidak terlibat dalam praktik rente, bunga uang, di Kementerian Pertahanan.
Gerindra Tepis Prabowo Berpidato Tentang PKI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menerangkan pidato Menteri Pertahanan soal PKI dan komunisme mencatut nama Prabowo Subianto.
Prabowo Curiga Komunis di Indonesia Masih Eksis
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto curiga ideologi komunis dan gerakan komunisme di Indonesia masih eksis.
0
Kulon Progo Terbitkan Surat Edaran Cegah Antraks
Kulon Progo membuat surat edaran antisipasi antraks mengingat ada warga Gunungkidul meninggal diduga suspect penyakit ini.