Prabowo Akan Penuhi Undangan Kunjungi Amerika Serikat

Prabowo dipastikan akan memenuhi undangan berkunjung ke negeri Paman Sam pada tanggal 15-19 Oktober 2020.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/prabowo)

Jakarta - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto diundang oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper untuk berkunjung ke negeri Paman Sam pada tanggal 15-19 Oktober 2020. 

Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan undangan kunjungan tersebut merupakan upaya tindaklanjut hubungan kerjasama kedua negara. Ia memastikan jika Prabowo akan memenuhi undangan tersebut.

"Undangan ini untuk melanjutkan pembicaraan detail terkait kerja sama bilateral bidang pertahanan," kata Dahnil dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020.

Undangan ini untuk melanjutkan pembicaraan detail terkait kerja sama bilateral bidang pertahanan.

Baca juga: Soal Tim Mawar, Analis: Wajar Prabowo Tunjuk Kepercayaannya

Dahnil menyebut Indonesia menggunakan prinsip bebas aktif. Artinya, Indonesia memiliki kebebasan untuk bekerjasama dengan negara asing manapun, termasuk melakukan diplomasi pertahanan ke berbagai negara. 

"Sesuai prinsip politik bebas aktif dan tidak terlibat aliansi militer dengan negara mana pun, namun menjaga kedekatan yang sama dengan semua negara, Menhan Prabowo Subianto selama ini aktif melakukan diplomasi pertahanan ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat," kata Dahnil. 

Baca juga: Momen Ganjar Pranowo Gusur Prabowo

Dahnil memastikan jika Prabowo akan memenuhi undangan resmi Pemerintah Amerika Serikat itu. Undangan disampaikan melalui Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Mark Esper. []

Berita terkait
Jokowi Percayakan Prabowo Fokus Urus Cadangan Pangan Singkong
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendapat arahan dari Presiden Jokowi untuk mengurus cadangan pangan berupa singkong.
Arief Poyuono Didepak karena Singgung Kasus HAM Prabowo
Pengamat politik Karyono Wibowo menyatakan, terhempasnya nama Arief Poyuono dari struktur Partai Gerindra karena singgung masalah HAM Prabowo.
Rachmawati Soekarnoputri Dampingi Prabowo di Partai Gerindra
Prabowo Subianto memberikan kepercayaan kepada Rachmawati Soekarnoputri menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.
0
Polri: Pesepeda Keluar Jalur Khusus, Denda Rp 100 Ribu Menanti
Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, akan memberlakukan tilang kepada pesepeda yang keluar jalur di jalan yang terdapat road bike.