PPKM Darurat, Muhammadiyah Tiadakan Salat Iduladha di Masjid

Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran entang imbauan perhatian, kewaspadaan, dan penanganan Covid-19 serta persiapan menghadapi Iduladha.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: Tagar/Twitter/haedar)

Jakarta - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran Nomor 05/EDR/I.0/E/2021 Tentang imbauan perhatian, kewaspadaan, dan penanganan Covid-19 serta persiapan menghadapi Iduladha 1442 H.

Surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan takbir keliling tidak disarankan dan sebaiknya dilakukan di rumah


Salat Idul Adha bagi yang menghendaki dapat dilakukan di rumah masing-masing bersama anggota keluarga dengan cara yang sama seperti sholat Id di lapangan.


Begitu juga dengan salat Iduladha di lapangan atau masjid atau bahkan di tempat fasilitas umum sebaiknya ditiadakan atau tidak dilaksanakan.

"Salat Idul Adha bagi yang menghendaki dapat dilakukan di rumah masing-masing bersama anggota keluarga dengan cara yang sama seperti sholat Id di lapangan," demikian isi surat edaran tersebut.

Terkait ibadah qurban sebagaimana hukumnya sunah muakkadah, maka bagi Muslim yang telah memiliki kemampuan berqurban dapat dilakukan dengan tata cara sesuai tuntunan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Haedar menyarankan umat Islam yang mampu lebih mengutamakan bersedekah berupa uang daripada menyembelih hewan qurban, mengingat saat ini banyak orang yang membutuhkan. 

"Bagi mereka yang mampu membantu penanggulangan dampak ekonomi Covid-19 sekaligus mampu berqurban, maka dapat melakukan keduanya. Karena membantu dhuafa dan berqurban keduanya mendapatkan pahala di sisi Allah SWT," ujarnya. []

Berita terkait
Muhammadiyah: PPN Sekolah Bertentangan dengan Konstitusi
PP Muhammadiyah menolak rencana penerapan PPN untuk bidang pendidikan atau di sekolah bertentangan dengan konstitusi yang tidak layak dilanjutkan.
Muhammadiyah: Jauhi Politisasi Pancasila untuk Kepentingan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta agar seluruh masyarakat menjauhi politisasi terhadap Pancasila untuk kepentingan apapun.
Perluas Jaringan Keagenan, Pegadaian Gandeng PP Pemuda Muhammadiyah
Pegadaian, perluas keagenan dengan menggandeng PP Pemuda Muhammadiyah dalam penyediaan produk, layanan dan keagenan Pegadaian Syariah.
0
PPKM Darurat, Muhammadiyah Tiadakan Salat Iduladha di Masjid
Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran entang imbauan perhatian, kewaspadaan, dan penanganan Covid-19 serta persiapan menghadapi Iduladha.