Portugal Temukan 13 Kasus Transmisi Lokal Omicron dalam Tim Sepak Bola

Pemain dari klub sepak bola Belenenses SAD yang berbasis di Lisbon terkonfirmasi positif tertular Covid-19 varian Omicron.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Varian baru Covid-19 Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan sedang mengintai. Bahkan, beberapa negara juga menyelidiki dengan melakukan tes kepada pasien positif Covud-19, untuk memastikan varian virus yang mereka derita

Saat ini, beberapa negara di dunia melakukan pembatasan terhadap warga Afrika Selatan yang tiba di negaranya untuk mencegah penyebaran varian baru tersebut, termasuk Portugal.

Dilansir dari Aljazeera, Otoritas Kesehatan Portugal telah mengidentifikasi 13 kasus Omicron diantara anggota klub sepak bola papan atas.

Karena itulah, pemerintah Portugal memerintahkan anggota klub sepak bola yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron dan orang yang telah melakukan kontak untuk melakukan isolasi mandiri dan tes secara teratur agar penyebaran varian ini tidak semakin meluas.

Baru-baru ini, Lembaga Kesehatan Nasional Portugal mengatakan bahwa salah satu dari mereka yang terkonfirmasi positif adalah pemain dari klub sepak bola Belenenses SAD yang berbasis di Lisbon.

Pemain tersebut telah melakukan kunjungan ke Afrika Selatan beberapa waktu sebelumnya. Afrika Selatan merupakan negara pertama atau negara asal yang pertama kali melaporkan adanya varian baru Covid-19 Omicron.

Sebanyak 12 pemain lain yang terkonfirmasi positif tidak melakukan kunjungan ke Afrika Selatan, namun melakukan kontak dengan pemain tersebut.

Saat ini, Otoritas Kesehatan Portugal sedang menyelidiki apakah kasus tersebut merupakan kasus pertama kali atau sebelumnya sudah terdapat kasus lain yang belum terdeteksi.

Tak hanya di dalam klub sepak bola, Portugal juga melakukan penyaringan dari varian Omicron kepada penumpang yang tiba di Lisbon dari perjalanan ke luar negeri, khususnya Afrika Selatan.

Dalam penyaringan tersebut ditemukan dua kasus positif Covid-19 dari 218 penumpang yang tiba di Lisbon dari ibu kota Mozambik pada Sabtu, 27 November 2021.

Menurut pihak berwenang Portugal yang mengatasi kasus tersebut, salah satu dari dua kasus positif tersebut merupakan varian Delta, sedangkan satu kasus lain tidak dapat ditetapkan.

Tapi, apakah varian Omicron benar-benar lebih berbahaya daripada Delta?

Meskipun Omicron pertama kali terdeteksi dalam sampel dari Botswana dan Afrika Selatan, tidak ada yang tahu pasti dari mana asalnya dan bagaimana ia mengumpulkan begitu banyak perubahan. []


Baca Juga

Berita terkait
Benarkah Covid -19 Varian Omicron Lebih Berbahaya Daripada Delta?
Sejauh ini, belum ada kematian yang dikaitkan dengan varian baru tersebut.
Varian Omicron Mengancam, Efektifitas Vaksinasi Covid-19 Dipertanyakan
Saat ini, beberapa negara membatasi perjalanan dari Afrika Selatan dan tujuh negara lainnya karena kekhawatiran atas varian tersebut.
Filipina Bersiap Hadapi Penyebaran Covid-19 Varian Omicron
Filipina memulai program vaksinasi Covid-19 nasional untuk menginokulasi setidaknya 9 juta hingga 10 juta orang yang belum divaksinasi
0
Danrem 011/Lilawangsa Beserta Istri Disambut dengan Adat Aceh
Disambut Bupati Aceh Utara dan Wali Kota Lhokseumawe disambut adat Aceh prosesi peusijuek (tepung tawar)