UNTUK INDONESIA
Ponsel Xiaomi dengan Kamera Bawah Layar Rilis 2021
Xiaomi akan menjadi produsen pertama yang meluncurkan smartphone dengan konfigurasi kamera di bawah layar.
Perbandingan tampilan layar ponsel Xiaomi dengan kamera bawah layar dan kamera punch hole. (Foto: Gizmochina)

Jakarta - Laporan terbaru dari ChinaStarMarket menyebutkan Xiaomi akan meluncurkan ponsel dengan kamera depan berada di bawah layar pada tahun 2021 mendatang. Hal ini menjadikan raksasa teknologi asal China tersebut sebagai produsen pertama yang meluncurkan smartphone dengan konfigurasi kamera di bawah layar.

Melansir laman Gizmochina, Selasa, 14 September 2020, sensor baru kamera tersebut akan diproduksi ileh CSOT (China Star Optoelectronics), anak perusahaan dari TCL. Sensor ini akan ditemukan pada ponsel generasi berikutnya dari Xiaomi, dan kemungkinan akan menjadi andalannya pada 2021.

Namun kabar peluncurkan ponsel dengan kamera di bawah layar masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh Xiaomi. Saat ini memang banyak produsen smartphone yang berlomba-lomba menghadirkan teknologi kamera bawah layar di ponsel garapnnya masing-masing, dan Xiaomi menjadi salah satu yang pertama dalam pengembangan ponsel ini.

Xiaomi telah menunjukkan teknologi Under Screen Camera generasi ketiganya. Perusahaan juga telah membangun reputasi pada inovasinya ini dengan menawarkan teknologi terbaru tersebut pada produknya, namun dengan harga yang bersaing. Jadi bisa diasumsikan konsumen akan melihat ponsel kamera bawah layar dari Xiaomi mulai tahun depan.

Xiaomi telah mengunggah sebuah video yang memamerkan teknologi kamera bawah layar yang disandingkan dengan layar punch hole yang lebih tradisional. Menurut Xiaomi, versi terbaru dari teknologi tersebut bekerja dengan memungkinkan kamera swafoto menangkap gambar melalui celah di sub-piksel layar, yaitu titik merah, hijau dan biru yang membentuk setiap piksel.

Xiaomi menyatakan bahwa area tampilan di atas kamera memiliki kepadatan piksel yang sama dengan bagian layar lainnya, sehingga dapat menyamarkan kamera swafoto di bawahnya dengan sempurna. Menurut perusahaan, kamera swafoto itu sendiri memiliki fungsi sesuai dengan performa kamera depan.[]

Berita terkait
Colok Xiaomi Mi TV Stick Ubah TV Biasa Jadi Smart TV
Xiaomi Mi TV Stick, perangkat streaming berukuran 92,4 x 30,4mm, bisa dicolok ke TV biasa dan berubah menjadi televisi pintar atau Smart TV.
Harga dan Spesifikasi Ponsel Gaming Xiaomi Poco X3
Berikut harga dan spesifikasi Xiaomi Poco X3 dipasarkan di Eropa mulai dari harga 299 Euro atau sekitar Rp 3,9 juta untuk varian RAM terendah.
Xiaomi akan Produksi Ponsel dengan Kamera Bawah Layar
Xiaomi dilaporkan akan segera memulai memproduksi secara massal perangkat ponsel terbaru, yaitu ponsel dengan kamera bawah layar pada 2021.
0
Hambat Rentenir Desa, Kemendes PDTT Kembangkan 5.300 LKD
Kemendes PDTT dan OJK, sepakat mengembangkan Lembaga Keuangan Desa untuk menghambat rentenir dan menurunkan tingkat kemiskinan di Desa.