UNTUK INDONESIA
Polresta Cirebon Serahkan Bantuan Kaki Palsu
Pemberian kaki palsu oleh Polresta Cirebon merupakan kemerdekaan dan kebebasan buat penyandang disabilitas yang ada di Kapupaten Cirebon, Jabar
Kapolresta Cirebon, Jabar, Kombes Pol M Syahduddi memasang kaki palsu ke penyandang disabilitas, 17 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Charles).

Cirebon - Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, Polresta Cirebon, Jawa Barat, bekerjasama dengan Kick Andy Foundation memberikan bantuan kaki palsu untuk 10 penyandang disabilitas di Kabupaten Cirebon sebagai gerakan pembagian kaki palsu.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan pemberian bantuan kaki palsu bagi penyandang disabilitas yang bertepatan pada perayaan kemerdekaan ini sebagai hari kebebasan bagi penyandang disabilitas sehingga bisa kembali beraktifitas dan berkarya secara normal.

"Pemberian kaki palsu ini merupakan kemerdekaan dan kebebasan buat penyandang disabilitas supaya bisa kembali beraktifitas secara normal dan bisa produktif serta berkarya lagi," kata Syahduddi selepas pelaksanaan secara simbolis penyerahan kaki palsu di halaman Mapolresta Cirebon, 17 Agustus 2020.

Masih kata Syahduddi, momentum ini menjadi waktu yang tepat karena kaki palsu sangat membantu keseharian bagi disabilitas sehingga bisa menikmati kehidupan secara normal. "Rata-rata disabilitas yang dibagikan ini akibat kecelakaan lalu lintas, kerja dan bawaan lahir," kata Syahduddi.

Bantuan kaki palsu ini,menurut Syahduddi, menjadi bentuk kerjasama kesekian kalinya bersama Kick Andy Foundation dan kedepan direncanakan akan rutin dilakukan pembagian kaki palsu bagi penyandang disabilitas. "Ini sebagai bentuk kerjasama kesekian kalinya bersama Kick Andy Foundation dan kita akan buatkan agenda rutin," ujar Syahduddi.

Sementara itu, Ketua Kick Andy Foundation, Ali Sadikin, mengungkapkan pembagian kaki palsu ini bersama Polresta Cirebon dalam rangka melanjutkan program gerakan kaki palsu. "Kurang lebih sudah 5000 kaki palsu kita bagikan diseluruh penjuru indonesia," kata Ali.

Masih menurut Ali, pembagian kaki palsu ini sudah ke lima kalinya bersama Polresta Cirebon guna meringankan beban penyandang disabilitas.

"Setelah mendapatkan kaki palsu penerima ini ditawarkan untuk belajar membuat kaki palsu dan mendaftar ke Polresta Cirebon dan nanti kita ajak ke Mojokerto untuk belajar kaki palsu untuk membantu teman-teman disabilitas dan bisa dijadikan bisnis sebagai pengrajin kaki palsu," tutur Ali.

Pemberian kaki palsu ini, lanjut Ali, untuk memberikan kesempatan untuk hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. "Dengan pemberian kaki palsu ini kami harapkan bisa memberikan kesempatan hidup mandiri dan terlebih lagi bisa menyelesaikan masalahnya sendiri," kata Ali. []

Berita terkait
Selly Andriany Berjuang untuk Disabilitas Cirebon
Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina berjuang menyediakan fasilitas bagi 1.328 penyandang disabilitas di Kota Cirebon, Jawa Barat.
0
HUT RI di Dairi, Ibu Gendong Anak Hormat Bendera
Perayaan HUT Kemerdekaan ke-75 RI di Kabupaten Dairi, Sumut, berbeda dari biasanya. Warga menghormati bendera di kediaman masing-masing.