UNTUK INDONESIA
Polo Air Putra Sumbang Emas Pertama Indonesia
Tim nasional polo air putra menyumbangkan medali emas pertama bagi Indonesia di SEA Games 2019.
Timnas polo air putra melakukan selebrasi di New Clark City Aquatic Center, Manila, Jumat 29 November 2019. Indonesia meraih emas pertama SEA Games 2019 setelah menduduki puncak klasemen dengan mengalahkan Malaysia 14-7. Posisinya gagal digeser Filipina yang ditahan Singapura 6-6. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Pencapaian mengesankan tim nasional polo air putra Indonesia. Dari cabang olahraga itu menyumbangkan emas pertama di SEA Games 2019 setelah skor Indonesia tak bisa dikejar Filipina yang bermain imbang 6-6 melawan Singapura di New Clark Aquatic Center, Clark, Jumat 29 November 2019.

Sebelum laga Filipina melawan Singapura, di tempat yang sama, Indonesia menyelesaikan laga terakhir melawan Malaysia. Di laga ittu, seperti dikutip Antara, Indonesia menunjukkan performa terbaik saat menghajar Malaysia 14-7. 

Kemenangan itu menjadikan Indonesia memuncaki klasemen dengan tujuh poin. Di tiga pertandingan sebelumnya tim asuhan Milos Sakovic itu bermain imbang 6-6 melawan Filipina. Selanjutnya, tim Merah Putih di luar dugaan menang atas Thailand 17-12. 

Namun pencapaian mengesankan diraih Indonesia yang mengalahkan juara bertahan Singapura 7-5. Sukses itu tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai tim tak terkalahkan. 

Keberhasilan mengalahkan Singapura yang selama ini merupakan penguasa polo air menjadi kejutan yang mengesankan. Sebaliknya, kekalahan dari Indonesia memupus harapan Singapura merebut medali emas sekaligus memperpanjang dominasinya di SEA Games.

Indonesia pun meraih emas pertama di SEA Games. Ini juga menjadi emas pertama Indonesia di cabang polo air putra Indonesia sejak pertama kali ikut SEA Games pada 1977.

Pertandingan polo air putra di SEA Games 2019 diikuti lima negara, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia dan tuan rumah Filipina. Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi sehingga tim juara ditentukan dari poin tertinggi usai semua tim menjalani empat laga.

Filipina, yang menjadi rival terdekat Indonesia, gagal memanfaatkan kesempatan di laga tersebut. Mereka hanya mampu bermain imbang 6-6 melawan Singapura.

Dengan hasil itu, tim tuan rumah mengemas empat poin dari tiga pertandingan yang telah mereka jalani. Meski masih menjalani satu laga terakhir melawan Malaysia, namun hasil akhir sudah tidak berpengaruh bagi Filipina. []

Berita terkait
Hujan Badai Hantui Pembukaan SEA Games 2019 Filipina
Badai tropis bernama Kammuri diperkirakan akan melanda Filipina akhir pekan ini bertepatan dengan pembukaan pesta olahraga SEA Games 2019
Ekspektasi Tinggi Jokowi di SEA Games Filipina
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan ekspektasi tinggi terhadap atlet Indonesia yang diberangkatkan ke SEA Games 2019 di Filipina.
Menpora Yakin Indonesia Raih Banyak Medali Sea Games
Menpora Zainudin Amali mengaku optimistis para kontingen Indonesia yang bertanding pada SEA Games 2019 Filipina dapat meraih banyak medali.
0
Pasien Sembuh Corona di Bali Tertinggi di Indonesia
Gubernur Bali menyebut belum memikirkan untuk mengajukan PSBB karena berdasarkan tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19.