UNTUK INDONESIA

Polisi Tetapkan 9 Tersangka HUT Kemerdekaan Papua Barat

Polda Papua Barat menetapkan 9 tersangka terkait aksi demo memperingati HUT West Papua New Guinea National Congress dan National Eksekutif Council.
Ribuan Mahasiswa Papua berunjuk rasa di Jakarta, Agustus 2019 lalu. (Foto: Tagar/Aditya Irawan Via Getty Images)

Jakarta - Polda Papua Barat menetapkan 9 tersangka terkait aksi demo memperingati HUT West Papua New Guinea National Congress dan National Eksekutif Council (WPNGNC) di Kota Sorong dan Manokwari.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi SIK mengungkap hasil pemeriksaan masih akan dikembangkan lebih jauh. Untuk sementara kesembilan tersangka masih ditahan oleh petugas kepolisian.

“Dari 7 orang yang diperiksa di Kota Sorong, 6 diantaranya ditetapkan menjadi tersangka dan mereka sekarang ditahan di Polres Sorong Kota,” terang AKBP Adam Erwindi SIK, dilansir NTMC Polri, Selasa, 1 Desember 2020.

Sedangkan dari 29 orang yang berhasil diamankan di Kota Manokwari, tiga diantaranya juga ditetapkan menjadi tersangka dan masih ditahan di Rutan Polda Papua Barat.

“Kita masih melanjutkan pemeriksaan dan akan segera rilis di Mapolres Manokwari,’’ tutur Perwira Menengah Polda Papua Barat.

Kabid Humas Polda Papua Barat menjelaskan dalam memperingati HUT WPNGNC di Manokwari dan Kota Sorong Papua Barat, petugas kepolisian melakukan tindakan represif dengan tujuan membubarkan massa yang semakin anarkis dan berhasil mengamankan 29 orang untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Aksi unjuk rasa tersebut dinilai telah menganggu ketertiban umum serta sudah melanggar ketentuan Pasal 6 UU Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Memang benar, menyampaikan pendapat dimuka umu dijamin oleh Undang – Undang akan tetapi ada peraturan yang harus ditaati. Jika melanggar maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku,’’ tegas AKBP Adam Erwindi SIK.[]

Berita terkait
Peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka Dijaga Polisi
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM), di Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Desember 2020 dijaga ketat polisi.
Cerita Ayah Jual Babi Demi Taruna Akademi Militer Asal Papua
Ini adalah cerita bagaimana seorang Ayah berjuang agar sang anak bisa lulus sebagai calon taruna Akademi Militer (Akmil) TNI AD.
Serukan Kemerdekaan Papua, 15 Mahasiswa Sinjai Diamankan
Demonstrasi serukan Papua merdeka, 15 mahasiswa di Kabupaten Sinjai ditangkap polisi.
0
Polisi Tetapkan 9 Tersangka HUT Kemerdekaan Papua Barat
Polda Papua Barat menetapkan 9 tersangka terkait aksi demo memperingati HUT West Papua New Guinea National Congress dan National Eksekutif Council.