Polisi ke Rizieq Shihab: Silakan Saja Pulang

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Kombes Pol. Awi Setiyono mempersilakan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Indonesia.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Kombes Pol. Awi Setiyono mempersilakan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Indonesia. (Foto: ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Kombes Pol. Awi Setiyono mempersilakan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Indonesia. 

Kendati begitu, kepolisian tidak memiliki persiapan khusus untuk mengantisipasi dampak kepulangan Rizieq ke Indonesia.

"Ya kalau pulang silakan saja pulang, tidak ada (pengamanan khusus)," kata Awi di Mabes Polri, Selasa, 27 Oktober 2020.

Mengenai catatan pelanggaran hukum pidana yang melekat pada Rizieq, Awi merasa perlu melakukan pengecekan ke Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat.

"Harus kita cek nanti ke Polda sejauh mana," ucapnya.

Baca juga:  Munarman FPI: Kasus Hukum Rizieq Shihab Tersangka Sudah SP3

Rizieq ShihabImam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (kanan) dikabarkan Ketua FPI Sobri Lubis (kiri) segera pulang ke Indonesia. Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memintanya taati protokol kesehatan pandemi. (foto: istimewa).

Sementara, Sekretaris Umum FPI, Munarman mengatakan, Habib Rizieq Shihab sudah mengantongi SP3 (surat perintah penghentian penyidikan) dan bisa pulang ke Indonesia kapan saja dengan tidak menyandang status tersangka.

"Jadi Habib Rizieq punya dokumen-dokumen tentang misalnya bahwa SP3-nya sudah keluar semua ya, jadi kasus yang Habib tersangka itu sudah di SP3-kan. Jadi Habib Rizieq tidak ada persoalan hukum," ujar Munarman dilihat Tagar dalam kanal YouTube Front TV, Senin, 19 Oktober 2020.

Sebelumnya, beredar video di media sosial Twitter, memuat Habib Rizieq sedang berkhotbah di hadapan umat di Arab Saudi.

Baca juga: Khotbah dari Saudi, Rizieq Shihab: Saya Akan Berjuang Pulang

Di dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, Rizieq menyatakan, tak lama lagi ia bersama keluarga akan pulang, melakukan perjuangan lagi bersama umat Islam di Tanah Air.

"Insya Allah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat saya sekeluarga akan kembali ke Tanah Air. Insya Allah dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia," kata Rizieq Shihab, dilihat Tagar dari akun Twitter @LisaAmartatara3, Senin, 26 Oktober 2020. []

Berita terkait
Budiman Sudjatmiko Tidak Sudi Iwan Fals Nyanyi untuk Rizieq
Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko nampak tidak sudi begitu mengetahui Iwan Fals dinarasikan bernyanyi untuk Habib Rizieq Shihab.
Baliho Raksasa Sambut Kedatangan Rizieq Shihab ke Petamburan
Baliho raksasa bergambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sudah terpasang di Jalan Petamburan, Provinsi DKI Jakarta.
Akhirnya Habib Rizieq Tinggal Beli Tiket Pulang ke Indonesia
Ketua DPP Front Pembela Islan (FPI) Slamet Maarif mengatakan Habib Rizieq Shihab akan pulang ke Indonesia pada bulan Maulid.
0
Deklarasi Partai Prima, Tawarkan Sejumlah Program Kerja
Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) menawarkan sejumlah program kerja reformasi saat resmi dideklarasikan menjadi partai baru Selasa, 1 Mei 2021.