UNTUK INDONESIA
Polisi Gelar Operasi Patuh Jaya 2019 Selama 14 Hari
Operasi Patuh Jaya 2019 akan digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada 29 Agustus-11 September 2019.
Sejumlah anggota Satlantas Polres Jakarta Selatan melakukan razia kendaraan bermotor di kawasan Pasar Jumat, Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (4/1/2019). Razia rutin awal tahun 2019 khusus untuk pajak kendaraan bermotor yang sudah mati. (Foto: Antara/Reno Esnir)

Jakarta - Operasi Patuh Jaya 2019 akan digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Tujuanya untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, mengatakan operasi ini akan digelar selama 14 hari dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

"Tujuan operasi adalah terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan," ujar AKBP Nasir, dikutip dari Antara, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Selain menciptakan ketertiban lalu lintas, Nasir menambahkan jika operasi tersebut juga bertujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Tujuan selanjutnya adalah meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," tutur AKBP Nasir.

AKBP Nasir menjelaskan ada beberapa jenis pelanggaran yang kerap terjadi, yakni melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan dan melebihi batas kecepatan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan menyebut sejumlah pelanggaran lain seperti pemotor yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM, sepeda motor berboncengan tiga orang, kendaraan bermotor roda atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan.

AKBP Nasir mengatakan kendaraan roda dua dan empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar, kendaraan bermotor roda dua atau empat yang tidak dilengkapi dengan STNK, dan kendaraan bermotor yang memasang rotator dan atau sirine yang bukan peruntukannya juga akan menjadi target operasi.

AKBP Nasir merinci ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi prioritas petugas dalam Operasi Patuh Jaya 2019.

"Dari target operasi tersebut petugas akan prioritas pada pelanggar yang melawan arus, berkendara di bawah umur dan kendaraan bermotor yang memasang rotator dan atau sirine," ujarnya.

Dalam operasi tersebut Dirlantas Polda Metro Jaya juga akan dibantu oleh Polisi Militer, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. []

Berita terkait
Penambang di Maros Tidak Patuh Jam Operasional
Penambang tanah di Maros menyalahi jam operasional, sehingga menganggu masyarakat.
Video: Aceng Fikri Terjaring Razia Satpol PP di Hotel
Anggota DPD RI Aceng Fikri terjaring razia di hotel melati, Kawasan Lengkong, Bandung, Jumat 23 Agustus 2019 dini hari.
Polisi Syariah Aceh, Razia Perempuan Duduk Ngangkang
Sejumlah perempuan diamankan karena duduk mengangkang di atas sepeda motor oleh aparat gabungan Satpol PP dan Polisi Syariah Aceh.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.