UNTUK INDONESIA
Polisi Gadungan Merampok Sopir Truk di Simalungun
Pria yang mengaku polisi ditangkap polisi usai merampok di Jalan Lintas Siantar-Saribudolok, Kabupaten Simalungun.
Mobil yang digunakan pelaku saat melakukan perampokan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat, 28 Februari 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Simalungun - LHN, 41 tahun, pria yang mengaku polisi ditangkap Kepolisian Sektor (Polsek) Pematang Raya, usai merampok di Jalan Lintas Siantar-Saribudolok, Raya Usang, Kecamatan Dolok Masagal, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat, 28 Februari 2020.

"Pelaku mengaku anggota dan mengancam akan menembak kepala korban," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Simalungun Ajun Komisaris Polisi Lukman Hakim Sembiring dalam keterangannya, Jumat, 28 Februari 2020.

Dikatakannya, kejadian berawal saat korban Romi Yulianto, 42 tahun, warga Jalan Ahmad Yani, Desa Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, mengemudikan truk bermuatan jeruk melaju dari arah Kota Pematangsiantar hendak menuju Provinsi Lampung.

Setiba di lokasi, truk yang dikendarainya dipepet satu mobil Avanza Veloz BB 1153 MC.  Pelaku yang diduga berjumlah lebih dari satu orang turun dan melancarkan aksinya. Ketakutan, Romy mengamini semua perkataan pelaku.

Berhasil menggasak sejumlah uang dan smartphone milik Romy, pelaku kabur ke arah Kota Pematangsiantar. Tak terima harta bendanya dirampok, Romi berusaha menguntit mobil pelaku dari belakang sembari menghubungi pihak kepolisian.

Keterangan pelaku mobil itu dirental. Pelaku sudah pernah masuk penjara

Bersama dengan personel kepolisian yang bergerak cepat ke TKP, jejak laju pelaku pun dikejar. Hingga pada akhirnya, pelarian mobil pelaku terperosok ke dalam parit saat dalam perjalanan menuju Kota Pematangsiantar.

"Diduga ada enam orang, yang lima itu orang melarikan diri setelah masuk parit," kata Kepala Polsek Pematang Raya Ajun Komisaris Polisi Dewar Damanik via seluler, Sabtu, 29 Februari 2020.

Berhasil menemukan mobil pelaku, petugas dan Romy melakukan penyisiran. LHN ditemukan bersembunyi di dalam parit dengan keadaan terluka akibat benturan mobil yang mereka gunakan.

LHN yang tinggal di Jalan Persatuan, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar itu diamankan polisi, dan dibantu warga dibawa ke Polsek Pematang Raya.

Dari LHN, polisi menyita barang bukti berupa tas model sandang, senjata tajam seperti golok dan parang, pisau, 1 unit handphone, tongkat dari kayu panjang dan barang bukti lainnya.

Saat ini, kata Dewar, pihaknya masih melakukan pengembangan atas kejadian itu. "Keterangan pelaku mobil itu dirental. Pelaku sudah pernah masuk penjara. Yang lain kita berupaya untuk kejar," tandasnya. []

Berita terkait
Perampokan Toko Emas di Subulussalam, Pemilik Kritis
Polres Subulussalam masih memburu pelaku perampokan di toko emas Permata Bunda di jalan Nyak Adam Kamil, Subulussalam.
Polisi Tembak DPO Perampokan dan Penikaman di Binjai
Polres Binjai, Sumatera Utara menangkap dua orang buronan yang selama ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).
Perampok Berpistol di Langkat Bawa Kabur 1 Kg Emas
Aksi perampokan menggunakan senjata api terjadi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.
0
Jadwal Lengkap Imsak dan Buka Puasa 2020 Aceh Timur
Berikut jadwal imsakiyah lengkap Ramadan 1441 Hijriah untuk wilayah Kabupaten Aceh Timur.