Polisi Batal Periksa Anak Buah Anies Baswedan

Polisi awalnya berencana akan meminta keterangan dari Lurah Petamburan Setyanto. Nanum batal karena yang bersangkutan positif Covid-19.
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menunjukkan hasil swab test Lurah Petamburan. (Foto: Tagar/Humas Polri)

Jakarta - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan polisi batal meminta keterangan dari Lurah Petamburan Setyanto karena dinyatakan positif terpapar Covid-19. Hal ini dipastikan setelah menjalani test swab PCR di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Argo menjelaskan, pada Selasa, 17 November kemarin, Lurah Petamburan Setyanto hendak dimintai keterangan terkait acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq Shihab di Petamburan. Namun dibatalkan lantaran, yang bersangkutan terindikasi positif virus corona.

"Jadi di Dokkes untuk dilakukan SWAB PCR, di RS Kramat Jati. Kami sudah dapatkan hasil, bahwa hasil SWAB PCR di RS Kramat Jati hari Rabu 18 November saudara Setyanto Lurah Petamburan ini positif Covid-19," kata Argo dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 18 November 2020.

Setelah dilaksanakan tes swab PCR sesuai dengan SOP penanganan suspect Covid-19 tanpa gejala, maka anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu diserahkan ke Faskes terdekat dengan tempat tinggalnya yaitu Puskesmas Petamburan.

"Saat ini yang bersangkutan kami serahkan ke faskes di Puskesmas Petamburan," ucap Argo.

Diberitakan Tagar sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Yusri Yunus mengungkapkan, Lurah Petamburan Setiyanto positif terkonfirmasi virus corona (Covid-19) usai dilakukan tes usap antigen.

"Kita lakukan uji swab (usap) antigen, satu orang. Lurah Petamburan positif atau reaktif," kata Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Selasa, 17 November 2020.

Sementara, Setiyanto mengaku menjalani isolasi mandiri usai mengikuti tes usap metode "polymerase chain reaction (PCR)" dari Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Kata Yusri, pemeriksaan corona dilakukan sebelum Setiyanto memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait kerumunan massa di kediaman pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat.

Atas temuan tersebut pihak kepolisian kemudian merujuk Setiyanto ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. "Sekarang kita rujuk ke RS Polri Kramat Jati untuk kita lakukan uji lanjutan," ucapnya.

Baca juga: Lurah Petamburan Setiyanto Positif Terinfeksi Virus Corona

Baca juga: Benarkah Rizieq Shihab Sakit Terpapar Covid-19?

Sementara, Setiyanto mengaku menjalani isolasi mandiri usai mengikuti tes usap metode "polymerase chain reaction (PCR)" dari Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Saya isolasi mandiri di rumah, karena nunggu hasil swab PCR. Mudah-mudahan sih negatif," kata Setiyanto saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa, 17 November 2020.

Diketahui, pada Selasa pagi, 17 November 2020, Setiyanto mendapatkan hasil tes cepat swab antigen hingga diketahui hasilnya positif corona.[]

Berita terkait
Lurah Petamburan Setiyanto Positif Terinfeksi Virus Corona
Lurah Petamburan Setiyanto positif terkonfirmasi virus corona (Covid-19) usai dilakukan tes usap antigen.
Rizieq Kembali, Bandara Lumpuh, EWI: Harusnya di Petamburan
Ferdinand Hutahaean menyayangkan tingkah laku pendukung Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang dinilai mengganggu aktivitas Bandara Soekarno-Hatta.
Benarkah Rizieq Shihab Sakit Terpapar Covid-19?
FPI membantah jika Rizieq dalam keadan sakit, hal itu dikonfirmasi langsung oleh Sekertaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.