Polda Metro Jaya Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo memprediksi puncak arus balik Lebaran kendaraan terjadi pada Minggu, 23 Mei 2021.
Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: Tagar/TribataNews)

Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memprediksi puncak arus balik Lebaran kendaraan ke Jabodetabek usai Idul Fitri 1442 Hijriah akan terjadi pada Minggu, 23 Mei 2021.

Pada hari Sabtu, 22 Mei 2021 puncak arus balik Lebaran belum terjadi karena arus kendaran belum terlalu signifikan dalam pantauan Polda Metro di jalan raya.

"Untuk hari ini belum ada lonjakan, walaupun ada peningkatan dibanding hari-hari sebelumnya. Kira-kira puncaknya arus balik Minggu," ucap Sambodo Sabtu, 22 Mei 2021.

Berdasarkan catatan Ditlantas Polri, hingga Jumat, 21 Mei 2021, jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta mencapai 102 ribu dan diperkirakan bakal meningkat pada hari ini. Sementara besok, diprediksi bakal ada 120 ribu kendaraan yang masuk.

"Mungkin sekitar 120.000 kendaraan saat puncak," katanya.

Hingga kini, Polri bersama Polda Metro Jaya menyiapkan 109 lokasi titik pemeriksaan di sepanjang wilayah Sumatera, Jawa, hingga Bali untuk melakukan tes acak antigen deteksi Covid-19 selama arus balik Lebaran.


Penyekatan berlangsung di 149 lokasi titik pemeriksaan di sepanjang wilayah Sumatera, Jawa, hingga Bali untuk melakukan tes acak antigen selama arus balik.


Tak hanya itu, tes acak Covid-19 turut dilakukan terhadap pengemudi atau pengendara. Petugas Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat terdapat 400 orang reaktif Covid-19 yang terjaring pada tes antigen secara acak saat menuju wilayah Jabodetabek hingga Kamis, 21 Mei 2021.

Menurut Sambodo jumlah ini merupakan akumulasi dari pendataan sepanjang lima hari arus balik mulai dari 15-20 Mei 2021. Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Istiono membeberkan, angka 400 orang reaktif itu itu dihimpun dari total 90.341 orang yang dites swab antigen.

"Arus balik dari tanggal 15-20 hasil rapid test antigen yang kami laksanakan sebanyak 90 ribu lebih kurang dan yang dinyatakan positif adalah 400 orang," kata Istiono kepada wartawan saat meninjau Checkpoint Polres Indramayu, Jumat 21 Mei 2021.  []

Berita terkait
Pemerintah Harus Larang Mudik Lebaran Cegah Covid-19
Pakar UGM Profesor Ahmad Munawar meminta pemerintah harus tegas melarang mudik Lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19.
H-2 Jelang Lebaran Arus Mudik di Gowa Meningkat
Dua hari jelang Idul Fitri, puncak arus mudik di Kabupaten Gowa terus mengalami peningkatan.
Humbahas Musim Hujan, Pemudik Harus Hati-hati
Polres Humbahas mengimbau pemudik khususnya pengendara berhati-hati melintasi ruas jalan di kabupaten beriklim dingin itu.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.