Polda Jatim Dalami Kerumunan Proses Pemakaman Habib Hasan

Polda Jatim menerjunkan tim untuk mendalami kejadian kerumunan orang saat proses pemakaman Habib Hasan di Pasuruan, Jawa Timur.
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Proses pemakaman Habib Hasan Bin Muhammad Bin Hud Assegaf di Masjid Jami Al-Anwar, di Alun-alun Kota Pasuruan, pada Minggu, 27 Desember 2020, menjadi perhatian Kepolisian Daerah Jawa Timur. Alasannya, proses pemakaman Habib Hasan menimbulkan kerumunan dan viral di media sosial (medsos).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pendalaman dilakukan mengingat kerumunan terjadi di masa pandemi Covid-19.

Polda Jatim masuk di bagian satgas penanganan Covid-19, yang terdiri Pemprov, Kodam V Brawijaya, akan menurunkan tim untuk melakukan pendalaman.

"Ada video kerumunan saat proses pemakaman tokoh ulama di Pasuruan, Habib Hasan. Kemudian ini kita ketahui masa-masa masih pandemi Covid-19," kata Truno, di Mapolda Jatim.

Polda Jatim bersama Pemprov Jatim dan Kodam V Brawijaya sebagai bagian dari Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, akan menerjunkan tim untuk mendalami peristiwa tersebut.

Baca juga:

"Polda Jatim masuk di bagian satgas penanganan Covid-19, yang terdiri Pemprov, Kodam V Brawijaya, akan menurunkan tim untuk melakukan pendalaman," ucapnya.

Truno mengaku pihaknya belum akan memanggil pihak panitia atau penyelenggara prosesi pemakaman Habib Hasan tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan lebih dulu melakukan pendalaman.

"Kita akan lakukan pendalaman itu dulu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Tokoh ulama di Pasuruan Jawa Timur, Habib Hasan Bin Muhammad Bin Hud Assegaf atau Habib Hasan Assegaf wafat pada Minggu 27 Desember 2020. Ribuan orang menghadiri prosesi pemakamannya di Masjid Jami Al-Anwar, Alun-alun Kota Pasuruan.

Sebagian besar pelayat terpantau tetap mengenakan masker. Meski begitu mereka sulit mengatur dan menjaga jarak. Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan kejadian itu di luar dugaan pihaknya.

"Kejadian seperti kemarin pada pemakaman Habib Hasan memang di luar dugaan kami," kata Kokoh melalui keterangan tertulisnya.

Habib Hasan adalah tokoh agama Islam yang disegani di Pasuruan, itulah mengapa para pelayat berbondong-bondong datang untuk bertakziah dan mengikuti prosesi pemakaman.

"Beliau memang tokoh agama yang disegani sehingga masyarakat dalam jumlah yang sangat besar ingin mengikuti pemakaman beliau," ujar dia.[]

Berita terkait
Operasi Lilin Polda Jatim dan Larangan Perayaan Tahun Baru
Polda Jatim mengerahkan 8.559 personel untuk menggelar Operasi Lilin Semeru 2020 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.
Polda Jatim Buru Pembuat Video Ancam Gorok Mahfud MD
Polda Jatim memburu satu tersangka pembuat video pengancaman terhadap Menko Polhukam, Mahfud MD. Pengancam merupakan warga Sampang.
Polda Jatim Tangkap Empat Anggota FPI Ancam Gorok Mahfud MD
Polisi kembali menangkap empat orang terkait ujaran kebencian dan pengancaman pembunuhan terhadap Menko Polhukam Mahfud MD di Jawa Timur.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.