PMJ Tangkap Penjual Ivermectin Rp 475 Ribu di Pasar Pramuka

Pejual tersebut tertangkap basah menjual obat jenis ivermectin seharga Rp 475 ribu per kotak.
Konferensi Pers Polda Metro Jaya terkait penangkapan oknum penjual Ivermectin di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). (Foto: Merahputih)

Jakarta - Seorang penjual obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, berhasil ditangkap aparat kepolisian lantaran menjual obat dengan harga di atas harga eceran tertinggi (HET). Oknum tersebut tertangkap basah menjual obat jenis ivermectin seharga Rp 475 ribu per kotak.

"Kami menemukan dua toko, namun yang satu ini sudah memenuhi unsur nama tokonya SJ disitu kita temukan obat-obatan bernama Invermectin yang dijual dengan harga tinggi," kata Kabid Humas PMJ, Kombes Yusri Yunusdi dalam jumpa pers di kantornya, Selasa, 6 Juli 2021.

Dia mengungkapkan, di dalam list yang ada dari Kementerian Kesehatan, harganya per satu biji itu Rp 7.500, dalam satu kotak berisi 10 tablet. Maka harga jual semestinya Rp 75 ribu. Kata dia, tak seharusnya obat ivermectin dijual bebas. Lantaran obat tersebut bersifat keras dan wajib digunakan berdasarkan resep dokter.


Kami menemukan dua toko, namun yang satu ini sudah memenuhi unsur nama tokonya SJ disitu kita temukan obat-obatan bernama Invermectin yang dijual dengan harga tinggi.


"Namun, di lapangan karena kelangkaan dan panic buying masyarakat, akhirnya dinaikan menjadi ribu bahkan di media online itu ada yang jual lebih dari harga itu. Harus melalui resep dokter atau apotek yang memiliki STRTTK atau surat tanda registrasi tenaga teknis kefarmasian," ujarnya. []

Baca Juga: Luhut Minta Menkes Harga Ivermectin Dipatok di Bawah 10 Ribu

Berita terkait
Pandu Riono: Jangan Percaya Klaim Soal Obat Ivermectin
Klaim ivermectin bisa berpotensi untuk menggantikan vaksin Covid-19 sudah kelewat batas. - Pandu Riono
BPOM: Inspeksi Perusahaan Tak Halangi Produksi Ivermectin
Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan inspeksi terhadap perusahaan farmasi yang memproduksi Ivermectin ilegal tidak menghalangi produksi obatnya.
Moeldoko Dukung Penuh Ivermectin Sebagai Obat Covid-19
Moeldoko mendukung penuh manfaat Ivermectin dalam menyembuhkan Covid-19. Obat yang dikenal sebagai obat cacing paling terkenal di dunia.
0
PMJ Tangkap Penjual Ivermectin Rp 475 Ribu di Pasar Pramuka
Pejual tersebut tertangkap basah menjual obat jenis ivermectin seharga Rp 475 ribu per kotak.