PKS Minta Pemerintah Buka Lebih Banyak RS Darurat

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini meminta pemerintah membuka lebih banyak rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19.
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini. (Foto: Tagar/Dok PKS)

Jakarta – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini meminta pemerintah membuka lebih banyak rumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan sebagai perawatan pasien Covid-19. Menurutnya, pembukaan RS darurat ini untuk memitigasi sistem kesehatan agar tidak kolaps menangani lonjakan pasien Covid-19.

“Mendesak pemerintah membuka lebih banyak lagi rumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan dengan memanfaatkan gedung-gedung pertemuan, gelanggang olahraga, kantor pemerintahan, dan tempat-tempat lain yang representatif serta memenuhi pasokan kelengkapan standar perawatan Covid-19,” ujar Jazuli dalam keterangan, Senin, 5 Juli 2021.


Usut dan tindak tegas jika ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab menimbun obat dan menjual jauh di atas harga eceran.


Selain pembukaan RS darurat, PKS juga merekomendasikan agar pemerintah memastikan ketersediaan tabung oksigen di berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

Jazuli mengatakan, kondisi saat ini di lapangan sangat mengkhawatirkan karena stok tabung oksigen di sebagian RS sudah habis. Selain itu, PKS juga mendesak pemerintah menjamin ketersediaan obat pasien Covid-19.

“Rakyat mengeluhkan sulitnya obat, banyak puskesmas angkat tangan, pemerintah harus cepat bertindak. Usut dan tindak tegas jika ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab menimbun obat dan menjual jauh di atas harga eceran,” ujar Jazuli.

Selain itu, ia juga mengatakan pemerintah juga perlu menambah relawan kesehatan untuk melayani pasien Covid-19. Menurutnya, melonjaknya kasus positif membuat tenaga kesehatan kewalahan saat ini.

PKS juga menyerukan kepada seluruh kader partai yang saat ini dipimpin Presiden PKS Ahmad Syaikhu ini melakukan aksi kemanusiaan. Anggota legislatif dari PKS diminta mengadvokasi pasien Covid-19 dari pusat hingga daerah. Termasuk terkait kebutuhan tabung oksigen, obat-obatan, dan layanan rumah sakit maupun fasilitas kesehatan.

"Selain itu anggota legislatif PKS bersama struktur PKS juga mengaktifkan satgas Covid serta menyiagakan dokter-dokter PKS di berbagai daerah untuk membantu warga yang memerlukan konsultasi terutama bagi yang isoman di rumah,” tegasnya.

Jazuli juga mengatakan warga juga bisa memanfaatkan ambulance PKS untuk antar-jemput pasien maupun jenasah Covid-19, hal dilakukanan atas nama kemanusian.

“Bahkan PKS juga mensiagakan relawan pemulasaran jenasah Covid. Semua untuk membantu sistem kesehatan kita yang kewalahan menangani pasien Covid 19,” ucapnya. 

Berita terkait
Mensos Minta Pelayanan Terhadap PPKS Diprioritaskan
Pelayanan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menjadi prioritas seperti gelandangan, pengemis atau Orang Dengan Gangguan Jiwa.
PKS: Label Zionis Nusantara Tak Bermaksud Singgung Siapa Pun
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, memberikan klarifikasi bahwa label zionis nusantara tidak ada maksud untuk menyinggung siapapun di Indonesia.
PKS Happy Anies Baswedan Disukai Anak Muda di Pilpres 2024
Partai Keadilan Sejahtera happy dengan survei Maret 2021 yang menunjukkan Anies Baswedan paling disukai anak muda dalam pemilihan presiden 2024.
0
PKS Minta Pemerintah Buka Lebih Banyak RS Darurat
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini meminta pemerintah membuka lebih banyak rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19.