UNTUK INDONESIA
PKB Siap Jabat Menteri Keuangan di Kabinet Jokowi
Wasekjen PKB Dita Indah Sari mengaku partainya siap menduduki jabatan posisi sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja II Jokowi-Maruf
Presiden Joko Widodo berpidato saat pembukaan Muktamar V PKB di Bali, Selasa (20/8/2019). Muktamar mengangkat tema melayani ibu pertiwi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dita Indah Sari mengaku partainya siap menduduki jabatan posisi sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja Jilid II, jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendakinya.

"Intinya PKB siap berkarya di semua bidang, kalau dipercaya. Jadi menteri keuangan saja kami siap kok," ucap Dita kepada Tagar pada Senin, 14 Oktober 2019.

Dita juga menyampaikan PKB sudah menyiapkan 15 nama calon menteri kepada Jokowi.

Yah minimal tidak berkurang dari yang sekarang, 4 (menteri).

"Prinsipnya kita sudah siapkan nama-nama dan sudah disampaikan ke pak Jokowi. Tinggal presiden putuskan siapa dan di mananya (menteri). Sekitar 15 nama dengan berbagai latar belakang," katanya. 

Terkait 15 nama yang diusulkan, Dita menjelaskan calon yang mereka pilih merupakan sosok yang sudah tidak asing dikalangan masyarakat.

"Mereka semua adalah politikus yang tokoh masyarakat populer, terutama di konstituennya masing-masing," ujarnya.

Dita mengungkapkan jatah menteri yang PKB inginkan tidak kurang dari 4 orang. Meski begitu, dia enggan membeberkan sosok keempat orang tersebut.

"Yah minimal tidak berkurang dari yang sekarang, 4 (menteri). Kalau dipercaya lebih, ya alhamdulillah," tuturnya.

Dia berharap, Jokowi tidak terpengaruh dengan adanya suara miring yang mendiskreditkan parpol dengan berbagai opini apapun.

"Kami percaya pak Jokowi objektif dan tidak terpengaruh dengan upaya-upaya semacam ini. Bahwa kualitas kader Parpol dianggap lebih minim dibanding kualitas non parpol. Sehingga parpol cukup diakomodasi secara minimal saja di kabinet pak Jokowi," ujarnya.

Baca juga:

Berita terkait
Penusukan Wiranto, PKB Pertanyakan Komunikasi BIN-Polri
Anggota Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq mempertanyakan komunikasi BIN dan Polri sehingga terjadi insiden penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto.
Temui Jokowi, Zulkifli Hasan Bantah Minta Kursi Menteri
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan membantah meminta kursi menteri dalam pertemuan tertutup dengan Presiden Joko Widodo.
Relawan Jokowi Harap-harap Cemas Tunggu Kabinet
Tinggal beberapa hari lagi Jokowi akan umumkan susunan Kabinet Kerja Jilid 2, kalangan relawan Jokowi menunggu susunan kabinet
0
Ulama di Madura Tuntut Sukmawati Dipenjara
Pernyataan kontroversial Sukmawati Soekarnoputri mengetuk amarah ulama dan umat Islam di Madura.