UNTUK INDONESIA
Empat Lokasi Wisata di Aachen, Tempat BJ Habibie Kuliah
Kota kecil di sebelah tenggara Berlin tersebut ternyata memiliki beberapa lokasi wisata yang kental dengan nilai sejarah.
Pemandangan Aachen, kota tempat Habibie kuliah pada tahun 60-an. (Foto: planetware.com)

Jakarta - Perjalanan hidup Presiden Indonesia Ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie tidak dapat dilepaskan dari Kota Aachen, Jerman. Di sana Habibie sempat menghabiskan beberapa tahun untuk kuliah di Universitas Teknologi Rheinisch-Westfälisch, Aachen untuk belajar studi teknik pesawat terbang.

Kota kecil di sebelah tenggara Berlin tersebut ternyata memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi wisata jika kamu hendak berpelesir ke Jerman. Berikut Tagar rangkum 5 lokasi wisata di Aachen.

1. Aachen Cathedral

Gereja katedral Aachen merupakan salah satu katedral tertua di Eropa. Dibangun pada tahun 805, gereja ini memiliki arsitektur yang unik. Ada 3 gaya arsitektur yang dipadukan dalam gereja ini, yakni Carolingian, Ottonian, dan Gothic. 

Keindahan gereja katedral ini kemudian dijadikan rujukan beberapa katedral lain, seperti Katedral Kota Essen, Jerman dan Katedral Ottmarsheim di Perancis.

Selain menjadi rumah ibadah, Katedral Aachen juga termasuk dalam warisan dunia oleh lembaga Unesco

Gereja Katedral AachenSalah satu sudut Gereja Katedral Aachen. (Foto: Wikipedia)

2. Elisenbrunnen

Elisenbrunnen merupakan sebuah paviliun yang terletak di sebelah barat daya kota Aachen. Elisenbrunnen dibangun pada 1828 dan merupakan karya arsitektur Jerman abad 19, Johann Peter Cremer dan Karl Friedrich Schinkel.

Elisenbrunnen awalnya difungsikan sebagai tempat beristirahat para bangsawan Jerman saat itu yang masih benama Prussia. Paviliun ini memiliki sumber mata air panas yang dijadikan untuk pemandian.

Selain itu, pada bagian belakang, terdapat sebuah taman kecil yang dirancang pada 1854 karya seniman Prussia, Peter Joseph Lenne. Taman ini kemudian dipugar pada 2009 oleh perusahaan arsitektur, Lutzow 7.

ElisenbrunnenBagian depan Paviliun Elisenbrunnen di Aachen, Jerman. (Foto: Nrw Tourism/Thomas Robbin)

3. Balai Kota Aachen

Gaya bangunan kota Aachen memiliki unsur khas Eropa abad pertengahan. Salah satu bangunan yang mendapat pengaruh itu adalah Balai Kota Aachen (Aachener Rathaus). Gedung balai kota Aachen telah berdiri sejak abad 13. 

Gedung ini menyimpan sejumlah artefak dan barang-barang bersejarah, seperti Relief 3 Raja peninggalan abad 14, beberapa harta peninggalan Kerajaan Romawi, termasuk replika mahkota penguasa Kerajaan Romawi, yakni Imperial Regalia.

Balai Kota AachenSalah satu sudut Balai Kota Aachen. (Foto: Wikipedia/ACBahn)

4. Universitas Teknologi Rheinisch Westfalische

Ternyata, kampus tempat Habibie berkuliah dahulu memiliki daya tarik wisata tersendiri. Universitas Teknologi Rheinisch Westfalische memiliki beberapa gedung bersejarah seperti Gedung Utama Kampus, Auditorium Mahasiswa, dan studi banding untuk mengenal kehidupan kampus di Aachen.

Universitas Teknologi Rheinisch Westfalische berdiri sejak 10 Oktober 1870. Saat ini, universitas ini memiliki 42.000 mahasiswa dan 144 program studi. 

Universitas Teknologi Rheinisch Westfälische AachenGedung utama Universitas Teknologi Rheinisch Westfälische Aachen yang sudah berdiri sejak 1870. (Foto: Wikipedia/Aleph)

Berita terkait
Fakta Kota Aachen, Tempat BJ Habibie Menimba Ilmu
Aachen menjadi lokasi Presiden ke-3 RI BJ Habibie menimba ilmu. Di sana pengunjung tidak hanya dapat menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi saja.
Kediaman Habibie di Parepare akan Dijadikan Museum
Salah satu kediaman almarhum BJ Habibie yang terletak di jantung kota Parepare akan dijadikan museum.
Lima Tempat Wisata di Kampung Halaman BJ Habibie
Dijuluki Bandar Madani, daerah ini merupakan kota kelahiran Presiden ke-3 RI, yaitu B.J. Habibie, terletak di Sulawesi Selatan.
0
Alasan Chelsea Meneteskan Air Mata saat Tampil di Pop Akademy
Gadis manis asal Ruteng NTT meneteskan air mata saat tampil di TOP 40 akademy Indosiar. Ini alasan Chelsea menangis