UNTUK INDONESIA
Pindah Ibu Kota, Pengamat: Aspek Lingkungan Penting
Pengamat Arsitektur Kota dari ITB, Moch Danisworo meminta pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur harus perhatikan aspek lingkungan.
Gagasan rencana dan kriteria desain ibu kota negara. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta - Pengamat Arsitektur Kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Moch Danisworo meminta pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur harus memperhatikan aspek lingkungan, mengingat wilayah tersebut merupakan paru-paru nomor dua dunia setelah Brasil.

"Minimal jangan ada pohon yang dibabat, kalaupun ada harus diganti dalam jumlah dan jenis yang sama," kata Danisworo usai peluncuran buku karyanya bertajuk "Architechture: Beyond Building" di Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019, seperti diberitakan Antara.

Memindahkan ibu kota itu harus bisa membuat warga sekitar yang semula terbelakang menjadi maju.

Danisworo mengatakan pentingnya memperhatikan kontur tanah untuk bangunan-bangunan dan infrastruktur pendukung lainnya, terkait rancangan pemindahan ibu kota.

Kata dia, mewujudkan kota cerdas (smartciry) juga harus didukung dengan pembangunannya, yakni melalui perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan perubahan iklim. Karena, memindahkan ibu kota, bukan sekedar memindahkan bangunan, tetapi juga memindahkan komunitas.

"Memindahkan ibu kota itu harus bisa membuat warga sekitar yang semula terbelakang menjadi maju," ucap dia.

Dengan demikian, harus ada peningkatan sumber daya manusia, kalau ibu kota jadi dipindahkan.

Danisworo menyoroti urbanisasi akan menjadi problem dalam beberapa tahun ke depan, sehingga aspek ini juga harus menjadi perhatian dalam membangun ibu kota baru. "Pentingnya saat ini membangun kota-kota baru di daerah-daerah sehingga arus urbanisasi dapat ditekan," tuturnya. []

Berita terkait
Ibu Kota Pindah, Sandiaga: Penting Enggak Sih?
Sandiaga Uno menyinggung tentang urgensi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.
Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil memastikan ibu kota akan dipindahkan ke Kalimantan Timur.
Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota RI
Presiden Jokowi meminta izin pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan pada semua pihak yang hadir dalam sidang bersama DPD dan DPR.
0
Bara JP: Tunda RKUHP, Jokowi Dengar Aspirasi Rakyat
Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) mendukung langkah Presiden Joko Widodo yang menunda pembahasan rancangan KUHP.