UNTUK INDONESIA
Pilkada Pasaman, Benny - Sabar Lawan Kolom Kosong
Pilkada Kabupaten Pasaman dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon bupati.
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (Foto: Tagar/Ist)

Padang - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon. Dengan begitu, pasangan Benny Utama - Sabar AS akan bertarung melawan kolom kosong di Pilkada 2020.

Surat suara juga berbeda, satu kolom kosong dan satu pasangan calon tersebut.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Pasaman Juli Yusran mengatakan, pendaftaran awal tanggal 4 hingga 6 September lalu, hanya satu pasangan yang mendaftar, yakni Benny Utama dan Sabar AS. Kemudian, dilakukan perpanjangan pendaftaran tanggal 10 hingga 12 September, namun tetap tidak ada yang mendaftar.

"Hanya satu pasang calon pada Pilkada ini karena kita sudah buka pendaftaran bahkan sudah diperpanjang namun tetap tidak ada yang daftar," katanya, Selasa, 15 September 2020.

Dengan demikian, mekanisme pemilihan pun akan sedikit berbeda dengan Pilkada yang diikuti lebih dari satu pasangan calon.

"Surat suara juga berbeda, satu kolom kosong dan satu pasangan calon tersebut. Nanti mana yang lebih banyak dipilih oleh masyarakat, itulah pemenangnya," katanya.

Untuk diketahui, pasangan Benny - Sabar diusung 8 partai dengan 29 kursi DPRD. Sementara itu, jumlah total kursi DPRD Pasaman adalah 35 kursi, sehingga dengan enam kursi yang tersisa tidak cukup lagi memenuhi 20 persen syarat minimal untuk mengusung satu pasangan calon.

Partai pengusung Benny Utama-Sabar AS adalah Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, PAN, PPP, PKS, PDI-P, dan PKB. Sementara enam kursi yang tersisa merupakan gabungan kursi Partai Gerindra dan Partai Hanura. []


Berita terkait
2 Penjual Satwa Dilindungi Diciduk di Pasaman
Dua orang diduga penjual satwa dilindungi ditangkap tim gabungan BKSDA Sumbar di Pasaman.
Pasaman Hanya Punya 1 Calon Bupati
KPU Kabupaten Pasaman hanya menerima pendaftaran satu pasangan calon peserta Pilkada 2020.
Polres Pasaman Gagalkan Penyelundupan 102 Kg Ganja
Penyelundupan ganja seberat 102 kilogram dari Sumatera Utara ke Sumatera Barat digagalkan Polres Pasaman.
0
Hujan Batu dan Gas Air Mata Demo Omnibus Law di Banyuwangi
Polresta Banyuwangi menyelidiki mencari provokator yang menyebabkan demo tolak omnibus law berakhir rusuh.