UNTUK INDONESIA
Pilkada Makassar, Danny Pomanto Sibuk Cari Koalisi
Moh Ramdhan Pomanto harus melakukan komunikasi ke sejumlah partai politik untuk diajak bergabung dalam koalisi Pilkada Makassar tahun 2020.
Mantan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Bakal calon Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto harus melakukan komunikasi ke sejumlah partai politik untuk diajak bergabung dalam koalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Makassar tahun 2020.

Mantan Wali Kota Makassar yang akrab disapa Danny Pomanto ini kembali bertarung di Pilkada Makassar, setelah resmi mendapatkan rekomendasi dari Partai NasDem Sulawesi Selatan.

Jadi siapa pun calon wakilnya Pak Danny, itu semuanya masih terbuka kemungkinan.

Tugas Danny Pomanto ke depan, menggalang kekuatan politik dengan segera melakukan pendekatan ke beberapa partai agar dapat bergabung dalam koalisi sehingga meloloskan dirinya sebagai calon wali kota.

Ketua NasDem Makassar, Rachmatika Dewi mengatakan, Partai NasDem telah memberikan kepercayaan kepada Danny Pomanto dengan menggunakan rekomendasi ini sebagai awal maju sebagai calon wali kota di jalur partai politik.

“Mengkonsolidasikan Partai NasDem Makassar dalam memberikan dukungan dan komunikasi politik terhadap partai-partai lain yang akan diajak untuk berkoalisi,” kata Rachmatika Dewi, Sabtu 22 Februari 2020.

Terkait paket Danny-None seperti yang diingin Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse, kata Cicu sapaan akrabnya, hal itu masih dinamis dan semua calon wakil wali kota yang ingin dipaketkan dengan Danny di Pilkada nanti semua kemungkinan masih bisa terjadi.

Namun, lanjut Cicu, Danny Pomanto harus mencukupi syarat pencalonan dirinya, dimana NasDem Makassar memiliki enam kursi, sehingga membutuhkan empat kursi di DPRD Makassar untuk meloloskan dirinya bertarung di Pilkada nanti.

“Jadi siapa pun calon wakilnya Pak Danny, itu semuanya masih terbuka kemungkinan. Jadi konsolidasi terakhirnya akan seperti apa. Untuk maju sebagai calon di Makassar kan butuh 10 kursi. Dan kami harus komunikasi dengan beberapa partai,” ungkapnya.

Dalam acara Musyawarah Rakyat yang diinisiasi oleh Danny Pomanto hadir beberapa partai politik diantaranya, PDIP, Partai Golkar, PPP dan Partai Demokrat Makassar, termasuk Partai pengusung Partai NasDem Sulsel dan Makassar.

Kendati demikian, kehadiran para tokoh-tokoh partai politik dalam acara tersebut masih menjadi pertanyaan apakah akan ikut mengusung Danny Pomanto sebagai calon wali kota dan berkoalisi di Pilkada nanti atau tidak.

“Nah ini yang masih harus kita pertanyakan kepada teman-teman partai lain. Kalau kehadiran kami di sini jelas, kami mengusung kader kami, dan kami memberikan rekomendasi. Kita berharap partai-partai lain juga bisa tertular dengan semangat kami. Danny bisa mencukupkan partai yang akan dipakai mendaftar jalur partai politik,” ujarnya. []

Berita terkait
NasDem Sulsel Usung Danny Pomanto Pilkada Makassar
Partai NasDem Sulawesi Selatan resmi mengusung mantan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sebagai calon Wali Kota Makassar di Pilkada 2020.
Pendaftaran Perseorangan Pilkada Makassar Masih Sepi
Hingga hari ketiga penyetoran berkas syarat dukungan pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar melalui jalur perseorangan sepi.
Pilkada Makassar, Adik Mentan Incar Partai Berkarya
Setelah mendapatkan usungan PAN, kini Imran Yasin Limpo berharap dukungan dari Partai Berkarya.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.