Pesta Kembang Api untuk 'Spider-Man'

Box office 2021 ditutup dengan kegembiraan karena pemutaran film Spider-Man: No Way Home meraup hampir 1,4 miliar dolar AS di seluruh dunia
Aktor Tim Holland alias Benedict Cumberbatch dalam film "Spider-Man: No Way Home" (Foto: voaindonesia.com/Sony Pictures via AP)

Jakarta – Box office 2021 ditutup dengan kegembiraan karena pemutaran film Spider-Man: No Way Home meraup hampir 1,4 miliar dolar AS di seluruh dunia. Namun, industri perfilman memasuki tahun baru tetap dengan rasa khawatir.

Hollywood menutup tahun 2021 dengan optimisme dan kegembiraan. Film "Spider-Man: No Way Home" menduduki posisi puncak box office untuk minggu ketiga berturut-turut dan sudah masuk daftar film terlaris. Namun begitu, industri perfilman menapaki tahun 2022 tetap dengan rasa khawatir mengingat pendapatan tiket secara keseluruhan pada 2021, walaupun sudah dua kali lipat dari 2020, masih jauh dibandingkan pada masa sebelum pandemi.

Pada awal 2021, sebagian besar bioskop masih tutup. Seiring berjalannya waktu, sejumlah besar bioskop kembali beroperasi dan mengakhirinya dengan perolehan besar. Sekuel Marvel produksi Sony Pictures "Spider-Man: No Way Home" meraup hampir $53 juta dalam akhir pekan yang menutup 2021 sekaligus membuka 2022 sehingga perolehan total untuk tiga minggu mendekati 610 juta dolar AS.

Benedict Wong dkkBenedict Wong, dari kiri, Benedict Cumberbatch, Jacob Batalon, Marisa Tomei, Zendaya, dan Tom Holland tiba di pemutaran perdana "Spider-Man: No Way Home" di Regency Village Theatre pada Senin, 13 Desember 2021, di Los Angeles (Foto: voaindonesia.com/AP)

Perolehan itu menempatkan film tersebut pada urutan ke-10 terlaris di Amerika Utara. Sedangkan dari seluruh dunia, film tersebut meraup hampir 1,4 miliar dolar AS. Dengan jumlah pendapatan sebesar itu, “No Way Home” berada di atas "Black Panther" sekaligus menjadikannya film terlaris ke-12 secara global.

"No Way Home," film ketiga yang menampilkan aktor Tom Holland sebagai Spider-Man, memberi dorongan besar bagi pemulihan box-office yang kembali mendapat pemasukan pada musim semi 2021 ketika bioskop-bioskop AS dibuka setelah tutup satu tahun akibat Covid-19.

Film yang berada pada posisi kedua dalam box office akhir pekan lalu adalah sekuel animasi produksi Universal Picture, "Sing 2." Meraup sekitar 19,6 juta dolar AS pada akhir pekan kedua, film itu dalam dua minggu meraih pendapatan total hampir 90 juta dolar AS.

Selain "No Way Home" dan "Sing 2", hanya sedikit film yang mampu menarik penonton untuk melangkah ke bioskop pada libur akhir pekan.

Film "The King's Man," publikasi ketiga dalam seri "Kingsman" yang disutradarai Matthew Vaughn, meraup 4,5 juta dolar AS pada minggu kedua setelah debut yang lesu. Akan tetapi, jumlah itu masih cukup bagus untuk menempatkan film tersebut pada posisi ketiga. Film yang dirilis Disney tetapi diproduksi oleh 20th Century Studios itu telah menghasilkan 47,8 juta dolar AS secara global.

Setelah gagal pada debutnya minggu lalu, film "The Matrix Resurrections" yang diproduksi Warner Bros. turun tajam 64% pada akhir pekan kedua dengan perolehan 3,8 juta dolar AS. Film tersebut secara bersamaan bisa disaksikan secara streaming di HBO Max. Upaya itu banyak dilakukan pada 2021 tetapi studio tersebut menyatakan akan mengakhirinya pada 2022 (mg/ka)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Film Cruella Bertahan di Box Office Korea Pekan Ini

Hingga Pekan Ketiga,"Spider-Man: No Way Home" Masih Kuasai Box Office

Virus Corona Cetak Sejarah Buruk Bagi Box Office AS

China Salip Amerika Dalam Box Office Penjualan Tiket Bioskop

Berita terkait
7 Film yang Paling Banyak Dibahas di Twitter, Ada SpiderMan!
Sepanjang tahun 2021, banyak film yang dibicarakan oleh pengguna Twitter hingga masuk ke dalam trending di beberapa waktu. Ini 7 deretannya.
0
Pesta Kembang Api untuk 'Spider-Man'
Box office 2021 ditutup dengan kegembiraan karena pemutaran film Spider-Man: No Way Home meraup hampir 1,4 miliar dolar AS di seluruh dunia