UNTUK INDONESIA
Virus Corona Cetak Sejarah Buruk Bagi Box Office AS
Pandemi virus corona (Covid-19) yang mewabah di seluruh dunia mencetak sejarah buruk pertama bagi Box Office Amerika Serikat (AS)
Ilustrasi gedung bioskop tutup tirai. (Sumber: Pixabay/Onkelglocke)

Jakarta - Pandemi virus corona (Covid-19) yang mewabah di seluruh dunia menghantam industri film raksasa di Amerika Serikat (AS). Alhasil, industri yang biasanya menyumbang ratusan juta US dolar setiap pekannya itu lumpuh total.

Dilansir dari situs hiburan ComicBook.com, industri bioskop AS berubah total dalam sekejap akibat virus mematikan itu. Banyak gedung bioskop yang tutup selama dua belas minggu dan mungkin akan lebih lama lagi.

Sejarah terburuk box office di Amerika Serikat tercatat pada akhir pekan ini, di mana laporan pendapatan bioskop di seluruh negeri Paman Sam meriah nol US$. Media yang biasa mengumumkan box office AS, The Hollywood Reporter dan The LA Times, bahkan tidak menyampaikan pengumuman rutin tentang pendapatan tersebut.

Peristiwa itu mengingatkan pada Januari 1994, di mana pendapatan akhir pekan ditunda karena gempa bumi Northridge, California. Namun, saat itu orang-orang (di luar California) masih banyak yang menonton bioskop, sehingga pengumumannya hanya ditunda saja untuk menghormati mereka yang mengalami bencana.

Sedangkan yang terjadi saat ini, pihak terkait enggan mengumumkan pendapatan. Hal itu bukan karena semua bioskop di AS tutup, tapi pihak studio utama Hollywood tidak tertarik untuk melaporkan begitu kecilnya pendapatan yang diraih industri film AS akhir pekan lalu.

Mereka bahkan meminta semua pihak mengabaikan dan menganggap box office akhir pekan lalu tidak pernah ada.

Terburuk Sepanjang Sejarah

Menurut situs Box Office Mojo, laporan box office terakhir yang dilaporkan hanya sampai hari Kamis, 19 Maret. Saat itu total pendapatan hanya US$ 143.641 dengan 36 film yang dirilis hanya untuk 233 gedung bioskop di seluruh AS.

Pendapatan itu adalah yang terburuk sejak 17 Oktober 2001 (satu bulan setelah serangan teroris 9 September) yang hanya menghasilkan US$ 150.025.

Box office akhir pekan secara penuh yang terakhir tercatat adalah dari tanggal 13 hingga 15 Maret 2020 yang menghasilkan US$ 49,58 juta. Angka itu masih lebih baik dibandingkan pendapatan 15 hingga 17 September 2000 yang hanya menghasilkan US$ 34,7.

Pihak pengusaha bioskop AS bersikap menunggu dalam situasi penyebaran virus corona ini. Mereka belum yakin akan sampai kapan bioskop akan dibuka dan penonton bersedia datang ke bioskop tanpa rasa was-was.

Baca juga: 2 Sutradara Bicara Dampak Corona Bagi Film Indonesia

Beberapa film baru yang ditunggu penonton, seperti James Bond: No Time to Die, Fast and Farious 9, dan Mulan ditunda penayangannya sampai batas waktu yang belum pasti. []

Berita terkait
PornHub Gratiskan Nonton Film Biru di Seluruh Dunia
Setelah Italia, kini PornHub beri akses nonton film bokep gratis sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pandemi Covid-19.
Ada Virus Corona, Film Mariposa Pamit dari Bioskop
Film Mariposa yang sudah sempat tayang harus pamit sementara akibat virus Corona mewabah di Tanah Air.
Itaewon Class dan 10 Film Seri Netflix Paling Seru
Berikut Tagar rangkumkan sinopsis singkat Itaewon Class dan 10 judul film seri paling seru yang tersedia di platform NetFlix.
0
Virus Corona Cetak Sejarah Buruk Bagi Box Office AS
Pandemi virus corona (Covid-19) yang mewabah di seluruh dunia mencetak sejarah buruk pertama bagi Box Office Amerika Serikat (AS)