Pesona Wisata Nusa Tenggara Timur, Tak Banyak yang Tahu!

NTT dikenal memiliki potensi wisata yang menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat. erikut, pesona wisata NTT yang tak banyak diketahui.
Gua Kristal Bolok. (Foto: Tagar/Wisato)

Jakarta - Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara. NTT dikenal memiliki potensi wisata yang menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat. 

Pulau Nusa tenggara ini dikenal oleh dunia salah satunya Taman Nasional Komodo. Namun, tidak hanya itu saja, nyatanya NTT memiliki segudang wisata bahari dan juga pulau-pulau indah untuk dapat dikunjungi. Berikut, pesona wisata NTT yang tak banyak diketahui.


1. Gua Kristal

Gua Kristal BolokGua Kristal Bolok. (Foto: Tagar/Wisato)


Gua Kristal merupakan sebuah lubang dengan ukuran hanya 2 x 1 meter, namun memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.Luas Gua ini berlokasi di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang, NTT. 

Gua Kristal hanya berjarak 20 kilometer dari El Tarik Kupang International Airport atau 16 kilometer dari pusat kota Kupang. Sehingga hanya butuh waktu sekitar 30 - 40 menit dengan menggunakan sepeda motor atau mobil sewaan.

Gua Kristal sendiri diperkirakan sekitar 30 meter persegi, dengan memiliki sebuah kolam yang sangat cantik dan indah. Airnya berwarna biru dan bening, dengan hiasan bebatuan di dasar kolam yang semakin terlihat cantik.

Kedalaman kolam pun semakin ke tengah semakin dalam. Berenang di kolam ini seakan sedang berenang di kolam alami pribadi. Sebelum Anda memasuki gua, pastikan Anda membawa senter, sepatu yang memadai, serta jangan turun sendirian.


2. Air Terjun Oehala

Air Terjun OehalaAir Terjun Oehala. (Foto: Tagar/tempatwisata.pro)


Air Terjun Oehala, merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi apabila sedang mengeksplorasi Pulau Timor dan kota kecil So’E lebih tepatnya.Letaknya berada di Desa Oehala, Kota So’E, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur. 

Aliran air Air Terjun Oehala ini berasal dari Gunung Mutis, maka tak diragukan lagi kesegaran dan kejernihan airnya yang berasal dari air pegunungan tersebut. Terbukti dari airnya yang terasa masih sangat alami dan bersih dengan warnanya yang hijau kebiru-biruan.

Air Terjun Oehala juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun 7 Tingkat, karena memang air terjun ini mempunyai 7 tingkatan air terjun yang pada akhirnya bermuara di Samudera Hindia. 

Meskipun memiliki debit air yang cukup besar, namun kedalaman kolam air alaminya tidak terlalu dalam sehingga pengunjung dapat menikmati setiap tingkatan kolam alaminya dengan sekedar berfoto-foto ria, berenang ataupun bermain air.


3. Gurun Pasir Di Pantai Oetune

Gurun Pasir di Pantai OetuneGurun Pasir Di Pantai Oetune. (Foto: Tagar/Woke)


Tak jauh dari lokasi Pantai Oetune, terdapat sebuah hamparan lautan padang pasir dengan luas mencapai 100 meter persegi di sepanjang pantainya, layaknya gurun pasir di Negeri Timur Tengah. 

Tak hanya berekreasi pantai saja, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Oetune dengan bermain-main di sekitar kawasan gurun pasirnya. Keindahan panorama pasir putih dengan balutan birunya laut dan langit semakin menambah keelokan pantai ini. Jajaran Pohon Lontar juga ikut menghiasi lanskap Pantai Oetune.

Padang pasir yang ada di Pantai Oetune sering disamakan dengan padang pasir yang ada di wilayah Timur Tengah. Kamu dapat berfoto di padang pasir dengan latar laut biru yang sangat indah.

Pantai Oetune memiliki deburan ombak yang sangat unik, gulungan ombaknya saling susul menyusul. Selain itu keadaan pasirnya sangat lembut sekali. Lokasi Pantai Oetune berada di Desa Tufanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


4. Pantai Kolbano

Pantai KolbanoPantai Kolbano. (Foto: Tagar/ttskab)


Pantai Kolbano Terletak Di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS (Timor Tengah Selatan), Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) Dengan Luas Wilayah Kurang Lebih 17 Kilometer Persegi. Hamparan Wilayah Pantai Kolbano Ini Menghadap Ke Arah Bentangan Samudra Hindia.

Pantai Kolbano Di Kabupaten TTS (Timor Tengah Selatan) Memendam Indahnya Alam Di Wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur). Wilayah Yang Belum Juga Mampu Dijamah Secara Profesional Untuk Dijadikan Objek Wisata Penambang Devisa. Mutiara Wisata Indonesia Timur Yang Masih Tetap Berdandan Secara Alamiah.


5. Pantai Tablolong

Pantai TablolongPantai Tablolong. (Foto: Tagar/Indonesia AZ)


Pantai Tablolong merupakan salah satu pantai indah yang ada di ujung barat Pulau Timor, tepatnya di Kabupaten Kupang prop NTT. Pantai ini dapat ditempuh dengan waktu 45 menit dari Kota Kupang. Bisa menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor. Dipantai ini, anda bisa berenang, memancing, berlayar atau aktivitas apa saja yang biasa dilakukan di pantai.

Apalagi, ombak di sini beriak tenang dan kecil. Pantai Tablolong adalah pantai yang sering digunakan untuk kompetisi memancing. Baik skala tradisional maupun nasional. Datang ke pantai Tablolong, anda tidak akan kecewa.

Pasir pantai nya yang berwarna putih, halus dan alami ini sangat cocok untuk melepaskan penat sekaligus merasakan sejuknya mandi di air laut yang masih alami. Kesegaran akan menjadi milik anda setelah berenang di dalamnya.

(Putri Fatimah)



Berita terkait
Lombok Kecipratan Kunjungan Wisatawan Berkat Program WFB
Skema pariwisata WFB dinilai berdampak positif bagi industri pariwisata bukan hanya di Bali wilayah seperti Lombok akan kecipratan wisatawan.
Kenormalan Baru, Wisata Lombok Barat Diserbu Pengunjung
Setelah tiga bulan ditutup akibat pandemi Covid-19, kini wisata di Lombok Barat dibuka kembali.
Usai Corona, Sambangi 5 Wisata Eksotis Pulau Lombok
Sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, barangkali bisa menjadi balas dendam terbaik setelah masa pandemi virus corona usai
0
Pesona Wisata Nusa Tenggara Timur, Tak Banyak yang Tahu!
NTT dikenal memiliki potensi wisata yang menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat. erikut, pesona wisata NTT yang tak banyak diketahui.